Hukuman yang pantas untuk orang usil pencekok miras pada hewan

id miras, minum keras, tersangka, hukuman, biar jera, taman safari, rusa, satwa, zebra, jumpa pers

Dokumentasi- Anak-anak bermain di taman dan mengasi makan rusa. (ANTARA/Yudi Abdullah)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Perlakuan usil muda-mudi memberikan minuman keras pada hewan secara sengaja dan menjadi yang viral sontak membuat geram banyak warganet. 

Tak sedikit yang memaki mereka sembari menautkan akun Instagram keduanya, @alyccaaa dan @philipbiondi dalam komentarnya. Namun apa kecaman semata cukup untuk memberikan efek jera pada mereka dan orang lain agar tak melakukan hal serupa? 

"Tidak. Komen atau sanksi dari netizen hanya sesaat sifatnya apalagi di dunia internet segala peristiwa lalu lintasnya cepat sekali," ujar psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, kepada ANTARA , melalui surat elektroniknya, Rabu. 

Menurut dia, pemberian konsekuensi dalam bentuk kerja sosial selama jangka waktu tertentu misalnya mengurus binatang bisa menjadi pillihan. Hal ini mengingat pelaku bukan lagi anak kecil yang tak semata butuh teguran. 

"Kerja sosial selama jangka waktu tertentu untuk terlibat mengurus binatang sehingga mereka pun dapat lebih berempati pada makhluk hidup lain," kata Vera. 

Vera menuturkan, kaum remaja terutama seringkali melakukan sesuatu tanpa memikirkan konsekuensi atau dampaknya lebih jauh. 

"Ini ada hubungan dengan fungsi otak yang memang belum optimal, khususnya dalam hal mengambil keputusan atau memilah tindakan berdasarkan konsekuensi baik buruknya. Oleh karena itu seringkali remaja melakukan sesuatu seolah tanpa berpikir panjang," papar dia. 

Selain itu, sambung dia, remaja terkadang melampiaskan emosi melalui cara yang salah. Oleh karena itu, sebaiknya ada bimbingan dari orang tua, keluarga atau tenaga pendidik mengenai bagaimana mengelola emosi dan mengeluarkannya.

Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar