Pelemahan dolar dorong emas berjangka naik

id dolar, mata uang, dolar AS, kurs

Dolar AS (ANTARA FOTO)

...Ketidakpastian mengenai prospek reformasi pajak AS dan dampaknya terhadap "supercharging" ekonomi, juga mendorong logam mulia bergerak semakin tinggi,...
Chicago (ANTARA Sumsel/Xinhua) - Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik ke level tertinggi lebih dari satu bulan pada Jumat (Sabtu pagi WIB), didorong pelemahan dolar AS (greenback) akibat ketidakpastian tentang kemajuan pemotongan pajak AS.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember, melonjak 18,3 dolar AS, atau 1,43 persen, menjadi menetap di 1.296,50 dolar AS per ounce.

Ketidakpastian mengenai prospek reformasi pajak AS dan dampaknya terhadap "supercharging" ekonomi, juga mendorong logam mulia bergerak semakin tinggi, menekan selera risiko para investor dan mendukung nilai emas sebagai aset "safe haven".

Indeks dolar AS, yang mengukur dolar terhadap enam mata uang utama pesaingnya, turun 0,28 persen menjadi 93,671 pada perdagangan Jumat (17/11). Indeks bersiap untuk kerugian mingguan mencapai sebesar 0,8 persen.

Melemahnya dolar AS meningkatkan emas, karena logam mulia yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih menarik bagi para investor yang menggunakan mata uang lainnya.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember bertambah 30,1 sen atau 1,76 persen menjadi berakhir di 17,373 dolar AS per ounce. Platinum untuk penyerahan Januari berikutnya naik 18,4 dolar AS atau 1,97 persen, menjadi menetap di 954,6 dolar AS per ounce.

Penerjemah: UU.A026/A. Suhendar




Editor: Dolly Rosana
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar