Penderita HIV/AIDS di Palembang mencapai 900 orang

id penderita hiv/aids di palembang 900 orang, hiv/aids, komisi penganggulangan aids, adi wijaya, odha, pencegahan hiv/aids

Penderita HIV/AIDS di Palembang mencapai 900 orang

Ilustrasi - Stop AIDS/HIV. (ANTARA)

....Data penderita HIV/AIDS di kota Bumi Sriwijaya ini tergolong tinggi sehingga memerlukan perhatian semua pihak...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi Penanggulangan AIDS Kota Palembang, Sumatera Selatan, mencatat 900 orang lebih terjangkit virus HIV dan dinyatakan positif AIDS hingga November 2017.

"Data penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) di kota "Bumi Sriwijaya" itu tergolong tinggi dan memerlukan perhatian semua pihak untuk melakukan upaya pencegahan dan penanggulangannya," kata anggota Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Palembang Adi Wijaya pada acara sosialisasi pencegahan penanggulangan HIV AIDS kepada karyawan, mitra kerja dan pelanggan PT PGAS Solution anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS membutuhkan dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat, karena Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) tidak bisa dilihat secara kasat mata dan tidak memiliki tanda-tanda khusus sehingga jika tidak memiliki pengetahuan mengenai cara pencegahan dan penanggulangannya bisa dengan mudah menularkan penyakit itu.

Berdasarkan kondisi tersebut, masyarakat perlu diberikan edukasi kesehatan dan sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS (P2HIV) sehingga bisa bersikap bijaksana dalam menjalani kehidupan dengan menghindari berbagai tindakan yang bisa mengakibatkan terinfeksi HIV dan positif AIDS serta memperlakukan ODHA dengan baik.

Orang-orang yang termasuk dalam kelompok rawan terinfeksi HIV AIDS seperti pekerja seks komersial, orang yang memiliki perilaku seks menyimpang seperti kelompok waria, gay, lesbi, serta yang sering gonta-ganti pasangan atau seks bebas diimbau untuk menggunakan alat pengaman seperti kondom.

Kemudian masyarakat tidak perlu menjauhi orang dengan HIV AIDS karena virus HIV tidak menular melalui kontak sosial seperti berjabatan tangan, menggunakan peralatan makan bersama, menggunakan kamar mandi bersama, ataupun terpapar batuk/bersin dari orang pengidap penyakit itu.

"Penularan virus HIV AIDS bisa terjadi dengan berhubungan seks dan penggunaan jarum suntik secara bergantian, untuk mencegah tertularnya penyakit tersebut paling tidak dua hal tersebut semaksimal mungkin dihindari dalam menjlalani kehidupan ini," katanya.

Dia menjelaskan untuk mencegah penyebaran penyakit itu, harus benar-benar memahami proses penularannya sehingga tidak perlu timbul rasa ketakutan berlebihan dalam diri masyarakat.

Ia juga berharap kegiatan sosialisasi itu bisa ditiru perusahaan lain Untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat.