Harga beras di Baturaja begerak naik

id beras, harga beras naik di baturaja, pedagang beras, gudang beras, beras, pedagang, beras bulog

Harga beras di Baturaja begerak naik

Dokumentasi - Pedagang beras di pasar tradisional (ANTARA FOTO)

....Beras pasokan petani dari daerah Belitang Kabupaten OKU Timur juga mengalami kenaikan harga yang sama yaitu naik mencapai Rp2.000 perkilogam....
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Harga beras di tingkat pedagang pengecer di sejumlah pasar tradisional Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, berangsur naik kisaran Rp1.000 hingga Rp4.000 perkilogram.

Menurut Amril salah seorang pedagang beras di Pasar Baru Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU], Selasa, kenaikan harga tersebut untuk jenis beras lokal yang ditanam petani di area persawahan dari wilayah setempat.

"Beras pasokan petani dari daerah Belitang Kabupaten OKU Timur juga mengalami kenaikan harga yang sama yaitu naik mencapai Rp2.000 perkilogam," katanya.

Dia menjelaskan, seperti pedagang ditingkat eceran di sejumlah pasar kawasan Baturaja mematok harga jual beras lokal kualitas biasa dengan harga Rp9.000 hingga Rp9.500 perkilogram.

"Padahal beberapa pekan terakhir harga beras lokal dan Belitang masih dijual pedagang pengecer setiap satu kilogram kisaran Rp8.000-Rp8.500," kata Maman pedagang beras lainnya menambahkan.

Sedangkan kata dia, untuk beras kualitas bagus dari harga sebelumnya Rp10.000 perkilogram saat ini naik menjadi 11.000 perkilogramnya.

"Untuk beras lokal kualitas bagus atau premium saat ini dijual dengan harga satu kilogramnya mencapai Rp15.000 lebih mahal dibandingkan sebelum terjadi kenaikan yaitu hanya Rp11.000 perkilogram," ungkapnya.

Menurut dia, harga beras lokal hasil panen tanaman padi sawah yang ditanam petani di wilayah setempat maupun dari Kabupaten OKU Timur kualitas bagus atau premium dalam kemasan karung ukuran 10 kilogram sebelumnya hanya Rp11.000 perkilo naik mencapai Rp15.000 perkilogram.

"Sementara beras karungan pabrik kualitas premium seperti merk Pandan Wangi ukuran 10 kilo sekarang dipatok pedagang mencapai Rp150.000 perkemasan," kata dia.

Kenaikan harga beras diduga dampak dari banyaknya petani mengalami gagal panen karena sawah menjadi rusak akibat tingginya curah hujan di wilayah itu sejak beberpa bulan terakhir.