Italia gagal ke piala dunia untuk pertama kali selama 60 tahun

id tim sepakbola italia, timnas italia gagal ke piala dunia, piala dunia, Giogio Chiellini

Italia gagal ke piala dunia untuk pertama kali selama 60 tahun

Logo dan trofi Piala Dunia Rusia (fifaworldcup/grafis)

Milan (Antara/Reuters) - Italia gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 60 tahun setelah ditahan imbang 0-0 di kandang sendiri oleh Swedia, yang mengamankan tempat di Rusia dengan kemenangan agregat 1-0 pada Senin.

Swedia selamat dari gelombang demi gelombang serangan Italia pada leg kedua playoff Eropa mereka, pada malam yang diwarnai tensi tinggi dan sejumlah drama di San Siro.

Juara dunia empat kali Italia, yang tidak pernah absen berpartisipasi di Piala Dunia sejak turnamen 1958 di Swedia, menekan tamunya di area pertahanannya sendiri untuk sebagian besar jalannya pertandingan dan menciptakan sejumlah peluang namun tidak mampu menemukan cara untuk membobol gawang Swedia yang dikawal Robin Olsen.

Tuan rumah, yang menikmati 75 persen penguasaan bola, mendapati tembakan-tembakan mereka disapu dari garis gawang, sedangkan peluang lain digagalkan Olsen dan permohonan penaltinya ditolak saat mereka berjuang keras mendapatkan satu gol.

"Kami tidak memiliki senjata yang tersisa. Kami hanya duduk di sana dan berharap kami dapat bertahan," kata pelatih Swedia Jan Andersson. "Kami tidak dapat melakukan cara lain, kemampuan mereka sangat bagus."

Peluang terbaik yang dimiliki tuan rumah adalah saat upaya Ciro Immobile yang dapat digagalkan Olsen, dan disapu oleh Victor Lindelof saat bola nyaris melewati garis gawang.

Para pemain Italia roboh di lapangan ketika peluit panjang berbunyi dan bahkan sejumlah pemain veteran seperti Giogio Chiellini tidak dapat menyembunyikan kekecewaannya. Dukungan para penonton segera berubah menjadi cemoohan yang membahana di seantero stadion.

Penerjemah: RF/A.R.A Adipati)