Kepala Sekolah harus kreatif tingkatkan kualitas pendidikan

id kepala sekolah, siswa, siswi, belajar, mendidik, pendidikan, karakter siswa, sekolah, kualitas mengajar, siswa berprestasi, Dzulmi Eldin,

Kepala Sekolah harus kreatif tingkatkan kualitas pendidikan

Dokumentasi- Proses belajar di ruang komputer. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi)

Medan (ANTARA Sumsel) - Kepala sekolah dan pengawas sekolah diminta kreatif dan inovatif dalam upaya memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin di Medan, Sumatera Utara, Senin, mengatakan, kepala sekolah  jangan terjebak pada tujuan kuantitas pendidikan semata, tetapi harus lebih pada kualitas dan dapat membangun karakter siswa.

"Artinya, kepala sekolah  jangan hanya menciptakan murid yang pintar tetapi lebih penting lagi dapat membangun karakter. Dengan siswa berkarakter optimis ilmu  yang diperoleh dapat diaplikasikan untuk kepentingan bangsa serta membangun kemandirian," katanya saat melantik 234 orang kepala sekolah dan pengawas sekolah  untuk tingkat SD serta SMP di lingkungan Pemkot Medan.

Ia mengatakan, pelantikan itu dilakukan bukan karena faktor  saudara maupun kedekatan melainkan berdasarkan  hasil kerja dan dedikasi yang telah dilakukan selama ini.

Untuk itu, dia mengingatkan jabatan yang diamanahkan saat ini bukan untuk disandang sebagai lambang prestise, melainkan sebuah amanah yang akan selalu membawa tanggung jawab moril untuk dipertanggungjawabkan melalui loyalitas dan prestasi kerja yang harus ditunjukkan.

Ia juga mengajak kepala sekolah  dan pengawas yang baru dilantik untuk menjaga marwah  dari jabatan yang diamanahkan tersebut, kemudian bekerja sesuai aturan dan hukum berlaku.  

"Ingat, saudara merupakan perpanjangan tangan Wali Kota untuk memajukan sekaligus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Medan!" katanya.

Selain itu juga diminta  agar selalu berpikir dan berprilaku selaras dengan tujuan serta sasaran pembangunan  yang telah ditetapkan.

"Bekerja  serta selalu berpegang teguh kepada target maupun komitmen kerja yang terukur dan jelas. Yang lebih penting lagi, selalu siap mendedikasikan sebagian besar waktu dan energi yang dimiliki untuk  kepentingan tugas dan tanggung jawab, terutama dalam memajukan pendidikan di sekolah yang dipimpin," katanya.