Warga waspada, Sungai Batanghari Jambi naik dua meter

Pewarta : id warga jambi waspadai banjir, debit sungai batanghari naik dua meter, banjir, sungai batanghari, sungai meluap, sungai

Dokumentasi - Sungai Musi Palembang (ANTARA Sumsel/Ang/17)

Jambi (ANTARA Sumsel) - Warga diminta waspada ketinggian air Sungai Batanghari di Provinsi Jambi terpantau naik, menyusul meningkatnya  curah hujan di daerah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah di Jambi, Senin mengatakan debit air Sungai Batanghari meningkat pada angka 10,60 meter atau mengalami peningkatan debit setinggi dua meter dalam sepekan.

"Ketinggian air yang terpantau di pintu air Tanggo Rajo, Kota Jambi meningkat dari satu minggu sebelumnya. Sebab itu kita minta masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai untuk waspada terjadinya banjir," katanya.

Bachyuni mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota. Jika terjadi bencana banjir, maka BPBD Jambi siap untuk turun ke lapangan.

"Kami juga berkoordinasi dengan BMKG. Informasi yang kami terima dari mereka, curah hujan Jambi masih tergolong normal," ujarnya.

Kepala BMKG Stasiun Sulthan Thaha Jambi, Nurangesti Widyastuti menyebutkan bahwa saat ini hujan masih berpotensi di Jambi.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang itu diperkirakan terjadi pada siang, sore, malam dan dinihari. Potensi ini terjadi di seluruh kabupaten/kota di Jambi.

"Kondisi cuaca tersebut perlu diwaspadai potensi banjir, terutama di sekitar aliran Sungai Batanghari, bencana tanah longsor dan pohon tumbang," kata Nurangesti.

Sementara itu, petugas pengukur debit air di pintu air Tanggo Rajo Jambi, Syahruddin mengatakan debit air sungai berada diangka 10,60 meter atau masih dikatakan normal. Namun peningkatan air itu perlu diwaspadai.

Syahruddin mengatakan sejak dua minggu ini memang debit air Sungai Batanghari mulai naik. Namun air ini masih berasal dari daerah sekitaran kota Jambi. Seperti dari Kabupaten Muarojambi dan Batanghari. Sementara air dari daerah hulu sungai belum sampai ke Jambi.

"Informasinya di Kabupaten Merangin dan Bungo sedang banjir. Nanti air itu bertemu di Muaro Tembesi Kabupaten Batanghari dan setelah itu menuju Jambi," katanya menjelaskan.

Ketika air tersebut sudah mulai mengalir ke Kota Jambi, maka debit air Sungai Batanghari di Ancol Tanggo Rajo Jambi juga dipastikan akan naik. Masyarakat di daerah pinggir Sungai Batanghari diminta waspada dengan kemungkinan meluapnya air sungai tersebut.

"Diperkirakan seminggu atau dua minggu air dari hulu sampai di Jambi. Dikhawatirkan air naik tengah malam, sebab itu masyarakat tetap waspada. Kalau pengecekan debit air dalam sehari kita lakukan tiga kali," katanya.
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar