Federasi Asia Sepak Takraw gelar tes event undang 11 negara

id takraw, sepak takraw, astaf, abdul kader, tes event, asian games, jakabaring, cabang olahraga, uji coba, road to asian games

Federasi Asia Sepak Takraw gelar tes event undang 11 negara

Presiden Asian Sepaktakraw Federation Datuk Abdul Halim bin Kader (kanan) berjabat tangan dengan Kabid Hubungan Luar Negeri PB PSTI Islah Taufik seusai konfrensi pers di Palembang, Senin (21/11). (ist)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Federasi Sepak Takraw Asian (Astaf) menyiapkan tes event Asian Games di Gedung Olahraga Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City, Palembang dengan menggelar kejuaraan terbuka yang bakal diikuti 11 negara, 27 November-2 Desember 2018.

Presiden Astaf Abdul Halim di Palembang, Sabtu, mengatakan, kendati proses pembangunan dan perenovasian masih berlangsung tapi ajang tes event itu bisa dilaksanakan karena sejatinya Kompleks Olahraga Jakabaring Palembang sudah sangat memadai.

"Saya yakin Sumsel pasti bisa menjadi tuan rumah yang sukses saat Asian Games nanti, karena sudah berpengalaman menggelar kegiatan SEA Games dan lainnya. Untuk tes event, sudahlah tentu dapat terlaksana dengan baik," kata Abdul Halim.

Ia mengatakan untuk ajang test event ini, panitia penyelenggara sudah mengirimkan undangan ke 11 negara di Asia, yakni Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, India, Taiwan, dan Korea. Abdul Kader memperkirakan, negara-negara ini akan ambil bagian karena ingin memanfaaatkan kesempatan emas uji coba arena pertandingan Asian Games mendatang.

"Sudah barang tentu tim-tim yang akan turun di Asian Games akan ambil bagian, mereka ingin merasakan aura pertandingannya," kata dia.

Sementara itu, Ketua PB Takraw Asnawi A Rahman yang didampingi Kabid Hubungan Luar Negeri PB PSTI Islah Taufik, mengatakan, selain menyiapkan penyelenggaraan tes event, organisasi juga menyiapkan Tim Nasional yang bakal diturunkan pada ajang ini.

"Timnas baru saja mengikuti uji coba di Taiwan dalam pertandingan ekshibisi. Tim ini akan melanjutkan ke kejuaraan internasional di India pada 2 November 2017, dan pulang dari India, akan lanjut Test Event Asian Games 2018 di Palembang," kata dia.

Terkait pengerjaan venue, Tazril Rusdi selaku pelaksana dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumsel mengatakan, ada dua venue yang di upgrading yakni, GOR Dempo dan GOR Ranau.

"GOR Dempo Untuk lapangan pemanasan, sementara Ranau untuk pertandingan, sifatnya diupgrading saja, Ranau ada pergantian atap, dicat dinding dan perapian interior termasuk toiletnya," kata dia.

Provinsi Sumsel selaku tuan rumah Asian Games telah menggelar tes event sejak awal tahun, di mulai dari cabang olahraga triathlon, voli pantai, tenis lapangan yang sedang berlangsung, dan menyusul sepak takraw dan menembak.(D019)