Sejumlah unggulan berguguran di perempat final Kejurnas tenis

id kejurnas tenis, berguguran di perempat final, tim tenis, atlet tenis, tes even asian games, jakabaring

Sejumlah unggulan berguguran di perempat final Kejurnas tenis

Dokumentasi - Petenis putri (ANTARA/Zabur Karuru)

Palembang  (ANTARA Sumsel)  -  Sejumlah petenis yang menempati posisi unggulan berguguran di perempat final Kejuaraan Nasional Tenis 2017 di Stadion Tenis Lapangan Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat.

Kejutan mulai mewarnai babak perempat final Test Event Tennis Road to Asian Games 2018 ketika wakil Jawa Timur, Ari Fahresi (15 tahun) berhasil menjungkalkan unggulan teratas, Arief Rahman dari Kalimantan Timur.

Petenis yang masuk babak utama dengan fasilitas wild card itu mengandaskan peraih medali perak tunggal putra PON 2016 itu melalui pertarungan rubber set dengan skor 4-6 7-5 3-0 ret.

"Saya tidak pernah menyangka bisa melaju hingga semi final, apalagi di set kedua sudah tertinggal 2-5 setelah kalah pada set pertama. Beruntung lawan mengalami cedera hingga tak bisa meneruskan pertandingan," kata Ari, belia kelahiran Sampang (Pulau Madura), 2 Agustus 2002.

Di semi final, Sabtu (11/11), siswa kelas X SMA Khusus Atlet Ragunan Jakarta itu akan menjajal ketangguhan unggulan ketiga, Iqbal Bilal Saputra (Kaltim).

"Pokoknya nothing to lose saja. Main bagus tanpa terbebani hasil akhir," ujar dia.

Seeded kedua tunggal putri, Fitriani `Ani? Sabatini (16) pun gagal melaju ke babak empat besar. Ani harus mengakui ketangguhan seniornya, Deria Nur Haliza (20) di perempat final.

Deria memenangi duel sesama wakil DKI Jakarta itu melalui laga straight set 6-3 6-2 dan akan meladeni unggulan ketujuh asal Bali, Putu Armini di semi final.

"Saya optimistis bisa menjuarai turnamen ini, namun harus terus beradaptasi dengan lapangan tenis di Jakabaring. Permukaannya agak kasar hingga laju bola menjadi lebih lambat," tutur Deria yang meraih medali perunggu ganda campuran Asian Indoor and Martial Art Games 2017 di Ashgabat, Turkmenistan ini.

Nasib berbeda dialami kembaran Ani, Fitriana `Ana? Sabrina. Seeded teratas tunggal putri itu tampil perkasa, memupus perlawanan wakil Jawa Barat, Novela Rezha 6-1 6-2.

Di semi final, Ana bakal terlibat bentrok sesama petenis asal ibu kota negara, Oxi Gravitasi Putri yang menang susah payah atas Nadya Aulia (Jabar) 6-7(4) 6-4 6-3.

Namun duet Ana-Ani pun terjungkal di nomor ganda putri. Pasangan unggulan pertama itu gagal melangkah ke final setelah menyerah dari ganda gado-gado, Fadona Titalyana (Kalimantan Selatan)/Putri Sanjungan Insani (Kalimantan Utara) 6-4 3-6 [10-12].

Di laga pamungkas, Sabtu (11/11), Fadona dan Putri menantang seeded kedua dari Jawa Barat, Novela Rezha/Shevita Aulana yang unggul mudah atas duet belia, Felicia Halim/Happiness Beauty Heart (DKI) 6-1 6-1.

Hasil Jumat (10/11)
Babak Perempat Final

Tunggal Putra
Ari Fahresi (Jatim) v 1-Arief Rahman (Kaltim) 4-6 7-5 3-0 ret
3-Iqbal Bilal Saputra (Kaltim) v 5-Iswandaru Kusumo Putro (Jateng) 6-3 2-6 6-4
4-M. Rifqy Fitriadi (Jatim) v 8-Hendrawan Susanto (DKI) 6-1 6-2
2-Panji Untung Setiawan (NTB) v M. Rezky Nugraha (Babel) 6-7(4) 7-6(4) 6-2

Tunggal Putri
1-Fitriana Sabrina (DKI) v 5-Novela Rheza (Jabar) 6-1 6-2
4-Oxi Gravitasi Putri (DKI) v 8-Nadya Aulia (Jabar) 6-7(4) 6-4 6-3
7-Ni Putu Armini (Bali) v 3-Shevita Aulana (Jabar) 6-3 5-7 6-4
6-Deria Nur Haliza (DKI) v 2-Fitriani Sabatini (DKI) 6-3 6-2.