Jalan rusak dampak LRT Palembang segera diperbaiki

id jalan rusak dampak lrt, lrt, kereta api ringan, perbaikan jalan, waskita karya, balai besar pelaksanaan jalan

Jalan rusak dampak LRT Palembang segera diperbaiki

Dokumentasi - Sejumlah pekerja memasang slabtrack dan rel kereta ringan (LRT) di stasiun OPI zona 5 Jakabaring, Palembang, Selasa (4/7). (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Perbaikan jalan rusak di kawasan pembangunan jalur kereta api dalam kota, Light Rail Transit Palembang akan segera dilakukan karena sejumlah pekerjaan sudah mulai rampung.

Kepala Proyek LRT Palembang dari Waskita Karya, Mashudi Jauhari di Palembang, Jumat, mengatakan saat ini progres pembangunan sudah 70 persen sehingga rencana perbaikan jalan sudah dapat dilakukan.

"Disainnya sudah selesai. Saat ini masih dikonsultasikan dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN). Jika sudah disetujui akan segera dimulai persiapannya dan kami akan serahkan ke sub kontraktor," kata Mashudi.

Pekerjaan LRT Palembang per November sudah mencapai 70 persen setelah menuntaskan hampir seratus persen pembuatan lintasan jalan layang sehingga Waskita Karya optimistis progres pembangunan akan mencapai 80 persen hingga akhir tahun atau sesuai dengan proyeksi target.

Ia mengatakan sempitnya areal bekerja yakni berada di median jalan menjadi salah satu penyebab pekerjaan tidak bisa dikebut. Kebutuhan masyarakat untuk berlalu lalang juga menjadi pertimbangan utama dalam pengerjaan proyek strategis nasional infrastruktur penunjang Asian Games itu.

Namun terlepas dari persoalan tersebut, Waskita Karya setidaknya dapat menarik napas lega karena pekerjaan krusial di Jembatan Ampera sudah hampir rampung. Saat ini pekerja sedang sibuk memasang dinding parapat yang diperkirakan akan selesai pada pekan depan.

Pembangunan LRT Palembang sudah dimulai sejak akhir 2015 untuk menunjang kebutuhan Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Pelaksana proyek bernilai Rp10,9 triliun itu tengah fokus menggarap 13 stasiun serta jembatan penyeberangan dan pemasangan rel (konstruksi jalur/slab track) LRT agar dapat diujicoba pada Februari 2018.