Gubernur minta FKUB turun kesemua lapisan masyarakat

id gubernur minta fkub turun lapangan, gubernur, alex noerdin, fkub, konflik antarumat, isu sara

Gubernur minta FKUB turun kesemua lapisan masyarakat

Dokumentasi - Gubernur Sumsel Alex Noerdin (dua kiri) (ANTARA Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

....Sumsel sudah diakui dunia sebagai daerah yang sangat kondusif dan tidak ada konflik antaragama atau SARA....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama di daerah itu turun langsung ke semua lapisan masyarakat untuk menyerap permasalahan yang ada di lapangan.

"Turun langsung ke semua lapisan masyarakat itu untuk mendeteksi lebih dini terhadap adanya isu yang tidak diinginkan," kata gubernur di Palembang, Kamis.    

Namun, lanjut gubernur, yang lebih penting lagi dengan bersama masyarakat akan semakin mempererat hubungan antarumat beragama yang sudah tercipta selama ini.

Menurut dia, FKUB memiliki tugas berat dalam menjaga kerukunan umat beragama karena saat ini Sumsel sudah diakui dunia sebagai daerah yang sangat kondusif dan tidak ada konflik antaragama atau SARA

Selain itu, kerukunan umat beragama menjadi sangat penting dijaga bersama dalam rangka suksesnya dua agenda besar Provinsi Sumsel yakni pelaksanaan pilkada serentak dan Asian Games 2018.

Oleh karena itu perlu turun langsung ke masyarakat untuk mencegah agar tidak terjadi konflik, ujar dia.

Sementara Ketua FKUB Sumsel Aflatun Muchtar mengatakan, dengan terbentuknya kepengurusan baru FKUB pihaknya telah menyusun program kerja ke depan di antaranya akan melaksanakan kunjungan langsung ke setiap kabupaten dan kota.

Itu sesuai dengan instruksikan gubernur dalam rangka menjaga Sumsel tetap kondusif, kata dia.

Dia mengatakan, selain meningkatkan silaturahim dan koordinasi antarpengurus FKUB kabupaten dan kota se- Sumsel pihaknya juga akan melakukan pertemuan langsung dengan para tokoh agama yang ada.

Selain itu FKUB kabupaten dan kota nantinya diminta memberikan laporan rutin tentang kondisi daerah masing-masing sehingga jika  ada isu yang mengarah kepada konflik lebih dini dilakukan pencegahan, tambah dia.