Kabupaten harus digenjot kembangkan wisata olahraga

id kabupaten digenjot wisata olahraga, wagub sumsel, ishak mekki, wisata olahrga, jakabaring, kunjungan wisatawan

Kabupaten harus digenjot kembangkan wisata olahraga

Wagub Sumsel Ishak Mekki (ANTARA Sumsel/17)

...Alangkah baiknya model Jakabaring dikembangkan juga di kabupaten/kota sehingga ketika wisatawan datang tidak hanya melancong ke Palembang....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mengatakan kabupaten/kota juga harus digenjot perkembangan wisata olahraganya sehingga tidak hanya terpusat di Palembang yang memiliki Kompleks Olahraga Jakabaring.

"Saat ini sudah ada Jakabaring Sport City, suatu kompleks olahraga berstandar internasional yang memiliki beberapa arena olahraga. Alangkah baiknya model seperti ini juga dikembangkan di kabupaten/kota sehingga ketika wisatawan datang tidak hanya melancong ke Palembang," kata Ishak Mekki di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan meskipun tidak harus menyamai infrastruktur Kompleks Olahraga Jakabaring, pemerintah kabupaten/kota dapat berfokus pada satu atau dua cabang olahraga saja.

Hal ini seperti yang dilakukan saat menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan fokus membina olahraga air ski air.

"OKI memiliki Danau Teluk Gelam, saya pikir ketika itu mengapa tidak dijadikan tempat untuk membina atlet lokal khusus olahraga air. Lalu tercetuslah, olahraga ski air, dan hasilnya atlet asli OKI (Indra Hadinata) bisa menjadi atlet nasional malahan bisa meraih emas di SEA Games," kata dia.

Ia yang sempat memimpin OKI selama dua periode ini berkeinginan hal serupa juga dilakukan kabupaten/kota lain karena sejatinya setiap daerah memiliki keunggulan masing-masing.

Apalagi, saat ini Sumsel telah ditetapkan Kementerian Pariwisata sebagai satu-satunya daerah destinasi wisata olahraga.

"Di Lahat dapat dikembangkan olahraga ekstrem seperti arung jeram karena alamnya yang sangat mendukung, Pagaralam yang merupakan daerah perbukitan dapat fokus mengembankan olahraga balap sepeda gunung, dan banyak lain," kata dia.

Dengan begitu, politisi Partai Demokrat ini berharap pembangunan di bidang olahraga ini tidak hanya terasa di Palembang saja sebagai ibu kota provinsi. Kabupaten/kota juga dapat menikmati keunggulan Sumsel sebagai destinasi wisata olahraga pertama di Indonesia.

"Modal Sumsel untuk tumbuh dan berkembang pesat di masa datang sudah sangat kuat, tinggal bagaimana terus mengembangkannya hingga merata ke tiap-tiap kabupaten," kata Wagub Sumsel ini.