Bali gelar festival inovasi "Inofest" 2017

id festival, inovasi, bali, wisata, kreatif, industri

Bali gelar festival inovasi "Inofest" 2017

Ilustrasi --- Variasi kuliner tradisional (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17)

Mangupura (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, Bali, I Wayan Adi Arnawa mengatakan, kegiatan Festival Inovasi yang digelar Badan Penelitian Dan Pengembangan pemerintah daerah setempat diyakini mampu menumbuhkan kreativitas generasi muda dalam pengembangan teknologi terkini.

"Melalui Festival Inovasi (Inofest) yang digelar Balitbang Badung ini dapat menghasilkan pemuda yang mampu mengikuti peradaban teknologi yang maju saat ini," ujar Adi Arnawa di Mangupura dalam siaran persnya yang diterima Antara, Kamis.

Menurut dia, berkaca dari kemajuan teknologi bangsa-bangsa lain menunjukan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menjadi tulang punggung dalam membangun peradaban.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong generasi muda menunjukkan kemampuan dalam bidang teknologi yang disalurkan dalam ajang Inofest.

"Kegiatan ini diharapkan, meningkatkan minat generasi muda agar terus berinovasi dalam menghasilkan karya kreatif di bidang iptek," ujarnya.

Pelaksanaan Innovation Festival (Inofest) dilaksanakan di ruang pertemuan BaLitbang dan Bappeda Kabupaten Badung juga dihadiri Asisten Administrasi Umum Cokorda Raka Darmawan dan Kepala Balitbang Badung I Wayan Suambara.

Adi Arnawa menilai, tantangan lain dalam bidang penelitian saat ini belum adanya konsep intermediasi antara peneliti dan pembuat kebijakan untuk menghasilkan infrastruktur iptek yang memadai bagi pengembangan inovasi teknologi ini.

"Kurangnya wadah untuk pengembangan ini akibat terbenturnya kebijakan, akan menghambat pengembangan inovasi generasi muda untuk menyalurkan ide kreatifnya. Padahal generasi muda memiliki daya saing kuat apabila difailitasi ini yang diyakini dapat meningkatkan daya saing daerah," ujarnya.