Kompor listrik lebih efisien dan murah

id kompor listrik, pln, bakar minyak, gas, listrik, lebih murah, cepat masaknya, gas elpiji

Kompor listrik lebih efisien dan murah

Dokumentasi- Petugas PLN mengoperasikan penggunaan alat Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)

Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat beralih menggunakan kompor induksi atau listrik, karena lebih efisien dan murah dibandingkan kompor berbahan bakar minyak dan gas.

"Kompor listrik ini masyarakat tidak perlu lagi membeli minyak tanah dan mengisi ulang gas ke pangkalan atau warung," kata General Manajer PT PLN (Persero) Wilayah Kepulauan Babel, Susiana Mutia di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan kompor listrik ini lebih efisien, efektif dan murah dibandingkan kompor berbahan bakar minyak tanah dan gas yang terkadang sulit diperoleh di masyarakat.

Misalnya, kalau masyarakat menggunakan dua tabung gas elpiji per bulan. Harga gas elpiji Rp170 ribu per kilogram, maka masyarakat akan menghabiskan Rp340.000 per bulannya.

Namun jika masyarakat menggunakan kompor listrik dengan pemakaian yang sama dengan gas elpiji itu tambahan listriknya hanya R250.000 per bulan.

"Jadi kompor listrik ini jauh lebih murah dibandingkan kompor gas, sehingga dapat meringankan beban atau mengurangi pengeluaran rumah tangga," katanya.

Menurut dia kompor listrik ini lebih aman dan sehat. Jadi tidak ada ledakan kompor gas yang merugikan masyarakat.

"Kompor listrik ini tidak ada pembakaran yang menimbulkan polusi udara dalam ruangan dapur atau rumah," ujarnya.

Untuk itu, kata dia pihaknya terus mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan kompor induksi ini melalui sosialisasi, perlombaan memasak menggunakan kompor gas listrik dan lainnya.

"Pekan lalu kita menggelar lomba memasak ikan dan animo masyarakat mengikuti lomba menggunakan kompor listrik ini cukup tinggi," katanya.