PMI Palembang tingkatkan jumlah pendonor siap panggil

id pmi, pendonor siap panggil, donor darah, pendonor on call, palang merah indonesia, stok darah, kantong darah

PMI Palembang tingkatkan jumlah pendonor siap panggil

Donor Darah (ANTARA Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang berupaya meningkatkan jumlah pendonor darah yang siap dipanggil setiap saat atau pendonor "on call" untuk mengatasi kondisi gawat darurat kekurangan stok darah.

"Sekarang ini ada 1.000 lebih pendonor on call, jumlah pendonor tersebut akan terus ditingkatkan sehingga jika terjadi peningkatan permintaan darah dari pasien rumah sakit yang membutuhkan tambahan darah bisa dipenuhi dengan baik dan cepat," kata petugas Unit Donor Darah PMI Palembag Ayu, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, keberadaan pendonor "on call" sangat membantu masyarakat yang menghadapi kesulitan mendapatkan donor darah    
golongan tertentu yang tidak bisa dipenuhi oleh keluarga atau teman-temannya.

Dalam kondisi darurat, masyarakat bisa meminta bantuan dengan menghubungi pendonor yang sukarela memenuhi panggilan ke UDD PMI menyumbangkan darahnya untuk kepentingan kemanusiaan, katanya.

Dia menjelaskan, pemanfaatan pendonor "on call" merupakan langkah terakhir jika stok darah di PMI tidak tersedia dan keluarga pasien tidak bisa mendapatlkan keluarga dan teman-temannya yang memiliki golongan darah sesuai dengan kebutuhan dan bisa diambil darahnya oleh petugas.

Permintaan darah semaksimal mungkin diupayakan bisa dipenuhi, karena jika pasien tidak bisa mendapatkan donor darah sesuai dengan kebutuhan pengobatannya bisa mengakibatkan pasien meninggal dunia akibat dokter tidak dapat melakukan tindakan medis secara maksimal.

Untuk meningkatkan jumlah pendonor "on call" dan stok darah, PMI Palembang mengajak masyarakat untuk rutin mendonorkan darahnya dan bergabung menjadi pendonor sukarela yang siap dipanggil menyumbangkan darahnya kepada pasien rumah sakit dalam kondisi darurat, kata dia pula.