Wow...Bangka Tengah pecahkan rekor dunia khatam Al Quran

id alquran, quran, al quran, khatam, hafiz, baca, membaca,

Wow...Bangka Tengah pecahkan rekor dunia khatam Al Quran

Ilustrasi---Khataman Al Quran. (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Koba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memecahkan rekor dunia khatam Al Quran dan terjemahannya dalam kegiatan Gerakan Indonesia membaca yang diikuti sebanyak 6.666 orang di Pondok Pesantren Nurul Falah, Kecamatan Pangkalanbaru.

"Ini tidak hanya memecahkan rekor nasional tetapi adalah rekor dunia dengan jumlah terbanyak peserta khatam Al Quran," kata Manajer MURI, Andre Purwandono di Pangkalanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan, berdasarkan data jumlah peserta dan jumlah surat yang dibaca maka sudah memenuhi syarat untuk masuk Rekor MURI dan bahkan memecahkan rekor dunia.

"Mudah-mudahan ini menjadi pemicu semangat bagi daerah lainnya untuk membudayakan membaca ayat suci dalam kegiatan gerakan Indonesia membaca ini," katanya.

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh mengatakan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) ini selain meningkatkan minat baca dan pengentasan buta aksara Al Quran juga mensiarkan agama Islam di daerah itu.

"Kami mengharapkan kegiatan ini menjadi pemicu semangat bagi para generasi muda Islam untuk gemar membaca Al Quran," ujarnya.

Ia menjelaskan, peserta khatam Al Quran diikuti para siswa dari semua jenjang pendidikan yaitu SD, SMP dan SLTA atau sederajat.

"Gerakan Indonesia Membaca ini merupakan konsep baru yang coba kami terapkan dan sejauh ini tergolong sukses berkat dukungan berbagai pihak, terutama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia," katanya. 



Pewarta :
Editor: Dolly Rosana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar