Gelombang laut penyeberangan Babel normal

id gelombang laut, bmkg, gelombang, kapal, pelabuhan, angin, cuaca

Gelombang laut penyeberangan Babel normal

Ilustrasi - Kapal cepat. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif normal pada Rabu (8/11).

"Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan hanya sekitar 0,25 sampai 1,0 meter dan relatif aman," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Selasa.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, Selatan Bangka, dan Utara Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,75 , sedangkan di Selat Karimata sekitar 0,25 sampai 1,0 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan," ujar Nur Setiawan.

Di sisi lain BMKG juga mengimbau agar mewaspadai adanya potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Sementara itu, kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang bergerak dari Barat Laut ke Timur Laut.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai yang berpotensi mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut maksimum mencapai dua meter atau lebih berpotensi terjadi di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,37 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 2,34 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,10 meter.

Kemudian pasang air laut di bawah dua meter diprakirakan terjadi di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,88 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,82 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,63 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,65 meter.

"BMKG mengimbau agar warga atau wisatawan mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," katanya.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sepanjang Rabu diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat disertai petir di beberapa wilayah terutama pada siang hingga sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi hampir di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada pagi, siang, dan dini hari.

Kemudian hujan sedang hingga lebat yang disertai petir berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Kota Pangkalpinang, Bangka Selatan, Belitung, dan Belitung Timur terutama pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.