Sumsel miliki potensi perikanan air tawar dan laut

id pengembangan potensi perikanan, sumsel gali potensi perikanan, nelayan, peralatan tangkap, budidaya ikan, sekda, nasrun umar, kesepakatan asean dalam

Sumsel miliki potensi perikanan air tawar dan laut

Dokumentasi - Kampung nelayan di Sungsang Banyuasin, Sumatera Selatan (ANTARA Sumsel)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Sumatera Selatan Nasrun Umar mengatakan potensi perikanan budidaya air tawar dan laut di provinsi ini cukup menjanjikan sehingga perlu terus digali dan dikembangkan.

"Jika itu terus dikembangkan akan dapat meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat," katanya pada acara Pemanfaatan Kesepakatan Bidang Perikanan ASEAN sebagai upaya peningkatan akses pasar perikanan ke-Asia Tenggara di Palembang, Selasa.

Perairan di Sumsel terdapat berbagai jenis ikan yang potensinya sangat besar. Berdasarkan data terdapat 233 jenis spesies ikan yang berada di laut dan sungai sehingga potensi tersebut cukup baik dan menjanjikan masa depan petambak dan nelayan.

Dia mengatakan, Sumsel dilalui sembilan sungai besar dan itu sangat potensial dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurut Sekda, perikanan laut dan sungai salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel.

Oleh karena itu melalui pemanfaatan kesepakatan bidang perikanan yang dilaksanakan sekarang ini maka akses pasar Sumsel semakin bertambah, kata dia.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel Widada Sukrisna mengatakan, produksi perikanan itu dapat meningkatkan usaha kecil dan menengah di daerah ini.
tt
Sehubungan itu produk olahan perikanan merupakan usaha kecil dan menengah yang keberadaannya harus terus didorong dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tambah dia.