PDAM targetkan Intake Ogan beroperasi sebelum Asian Games

id pengoperasian intake pdam, intake ogan beroperasi sebelum asian games, pdam, tirta musi, direktur pdam, intake, air bersih, air minum

Dokumentasi - Instalasi pengelolaan air PDAM Tirta Musi (ANTARA Sumsel)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PDAM Tirta Musi Palembang menargetkan Intake Ogan II beroperasi sebelum Asian Games XVIII tahun 2018 untuk menunjang kebutuhan air bersih di kawasan Seberang Ulu.

Direktur PDAM Tirta Musi Cik Mit di Palembang, Selasa, di Palembang, mengatakan pemancangan tiang sudah dilakukan pada pertengahan Juli lalu dan diharapkan bisa selesai pada pertengahan tahun depan.

"Intake Ogan II ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di Seberang Ulu, dan sekaligus mendukung kebutuhan di Kompeks Olahraga Jakabaring," kata Cik Mit.

Ia mengatakan dengan adanya intake ini diharapkan air bersih dapat mengalir selama 24 jam di kawasan tersebut.

"Saat ini jumlah pelanggan di kawasan Seberang Ulu berjumlah 60 ribu lebih. Setelah Intake ini beroperasi maka akan ada penambahan 40 ribu pelanggan lagi," kata dia.

Sementara ini kebutuhan aliran di kawasan Ulu ini sekitar 800 liter per detik dan sudah terpakai 300 liter per detik, atau masih ada cadangan 200 liter per detik.

Namun dengan adanya Intake Ogan ini akan ada jaminan  kebutuhan air bersih hingga 2023 nanti karena penambahan ini berkapasitas 1.200 liter per detik.

"Prakiraan kami dengan penambahan ini nanti pelayanan kependuduk bisa dilakukan selama 24 jam," kata dia.

Kota Palembang menargetkan kebutuhan air bersih terpenuhi pada 2019 dengan mengusung konsep 100-0-100, yakni menciptakan 100 persen air bersih, 0 persen kumuh, dan 100 persen sanitasi.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar