Pemkot Palembang beri penghargaan tokoh kebudayaan

id walikota palembang beri penghargaan tokoh budaya, harnojoyo, walikota, tokoh kebudayaan palembang, budaya, budaya palembang

Wali Kota Palembang Harnojoyo (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/16)

....Mereka yang selama ini berkontribusi dan berjasa terhadap perkembangan budaya yang ada di Palembang akan kami apresiasi sebagai wujud perhatian dari pemerintah....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang akan memberikan penghargaan ke sejumlah tokoh kebudayaan yang selama ini telah berkiprah dalam pelestarian budaya dan tradisi khas daerah.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa mengatakan pemkot akan menggelar acara penganugerahan penghargaan tokoh kebudayaan tersebut pada 9 November 2017.

"Mereka yang selama ini berkontribusi dan berjasa terhadap perkembangan budaya yang ada di Palembang akan kami apresiasi sebagai wujud perhatian dari pemerintah," kata Harnojoyo.

Ia mengatakan Pemkot Palembang mengharapkan dengan pemberian penghargaan ini dapat memacu berbagai pihak untuk aktif dalam pelestarian budaya khas daerah, terutama para anak muda.

Harnojoyo sangat mengapresiasi seperti yang dilakukan pegiat seni yang menampilkan kesenian basemahdi di tujuan wisata Sudirman Walk Palembang pada setiap akhir pekan.

Pemkot telah menyediakan wadah, yakni "Sudirman Walk" sebagai tempat untuk menampilkan atraksi seni modern dan tradisional.

"Budaya asing demikian deras masuk, jika tidak diimbangi dengan pelestarian budaya sendiri tentunya sudah bisa dipastikan pada tahun-tahun mendatang akan lenyap," ujar dia.  
Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Teguh menjelaskan kategori penerima penghargaan adalah mereka yang selama ini turut membantu dalam perkembangan budaya Palembang.

"Bukan hanya budayawan, tapi mereka juga yang berkontribusi, seperti memberi sumbangan terhadap kegiatan budaya di Palembang, melestarikan peninggalan budaya, ikut mempromosikan adat istiadat," kata Sudirman.

Pemerintah Kota Palembang mendorong percepatan sektor pariwisata untuk memanfaatkan momen Asian Games XVIII tahun 2018. Salah satu yang dilakukan yakni menemukan destinasi baru wisata di dalam kota.

   
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar