Polresta Palembang luncurkan aplikasi "QRIS" sigap atasi bencana

id polisi, aplikasi qris, bencana, keamanan, asian games, polresta, sar, dishub, pol pp, banjir, longsor

Polresta Palembang luncurkan aplikasi "QRIS" sigap atasi bencana

Seorang polwan menunjukkan telepon seluler yang telah mengunakan aplikasi QRIS.(Antarasumsel.com/Feny Selly/17/dol)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Polisi Resor Kota Besar (Polresta) Palembang meluncurkan aplikasi Quick Response Integrated System (QRIS) yang ditujukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap penanggulangan bencana.
    
"Lewat aplikasi ini, kami berharap bisa mengoptimalkan komunikasi dan sinergitasa antaranggota Polresta dengan berbagai jajaran terkait," kata Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono seusai apel dan peluncuran aplikasi tersebut di Palembang, Jumat. 
    
Aplikasi QRIS merupakan aplikasi berbasis IT kerjasama Polresta Palembang dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) guna memberikan layanan prima ke masyarakat. 
    
Cara kerja aplikasi QRIS ini yakni memantau petugas piket di Markas Polresta Palembang dan petugas polisi di lapangan melalui ruang Command Center. Hasil pantauan ini akan diteruskan ke instansi pemerintahan yaitu Tim SAR, dishub, Pol PP dan dinas pemadam kebakaran.
    
"Ada alarm pada aplikasi ini bila ada indikasi bencana yang membutuhkan penangan cepat," kata Wahyu.
    
Ia berharap aplikasi ini dapat memberikan pelayanan prima ke masyarakat karena Kota Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Selain itu pada tahun yang sama juga akan dilakukan Pemilihan Wali Kota Palembang dan Gubernur Sumsel. 
    
"Aplikasi ini diupayakan bertindak cepat saat bencana seperti kebakaran, banjir, longsor, tawuran, dan huru-hara. Penggunaannya sangatlah mudah karena berbasis teknologi android," ujar dia.
    
Kota Palembang didorong menjadi kota cerdas yang terhubung dengan sejumlah aplikasi teknologi informasi 'smart city' untuk menunjang peran sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.