Simulasi ancaman teroris di Jakabaring Palembang

id simulasi ancaman teroris, teroris, simulasi, gubernur, alex noerdin, suhardi alius, BNPT, jakabaring, ancaman teroris

Simulasi ancaman teroris di Jakabaring Palembang

Sejumlah petugas dari Unit KBR (Kimia Biologi dan Radio Aktif) Brimob Polri mengevakuasi para korban penyerangan teroris saat simulasi pada Penutupan Pelatihan Mitigasi Aksi Terorisme di Jakabaring Palembang, Rabu (1/11). (ANTARA Sumsel/17/Nova Wahy

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengatakan simulasi ancaman teroris yang dilaksanakan di kawasan olahraga Jakabaring Sport City Palembang sebagai bentuk bahan evaluasi untuk tugas dimasa mendatang agar semakin maksimal.

"Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 maka keberadaan teroris harus selalu diantisipasi," kata Alex Noerdin saat menyaksikan simulasi pelatihan Mitigasi Aksi Terorisme Integratif di kawasan olahraga Jakabaring Palembang, Rabu.

Dia mengatakan,  dari hasil mitigasi pelatihan ini tentunya mampu mengetahui mana hal-hal yang harus dipenuhi sekaligus mengevaluasi apa yang harus disempurnakan.

Dia mencontohkan, berapa mobil pemadam kebakaran, ambulans yang dibutuhkan termasuk posko yang diperlukan.

Jadi simulasi ini sangat penting karena untuk melihat tugas yang dilaksanakan sehingga ke depan semakin maksimal, ujar dia.

Gubernur mengatakan, memang Jakabaring ini terintegrasi dengan 20 fasilitas pertandingan berstandar internasional, dan semua ada di sini.

"Begitu juga atlet dan panitia yang menginap di dalam kawasan olahraga dan makan bersama di Dinning hall sehingga pengamananya itu akan lebih mudah," kata dia.

Gubernur juga berterima kasih kepada TNI dan Polri serta instansi terkait lainnya yang telah mempersiapkan secara detail bagaimana penanganan terhadap potensi ancaman yang akan terjadi nantinya.

Sementara pengamanan sendiri dipersiapkan mulai dari pintu gerbang masuk ke dalam kawasan, tak luput pula saluran tegangan tinggi yang menyalurkan listrik, pipa gas di seputaran kawasan olahraga Jakabaring Palembang, sangat komprehensif dan memerlukan integrasi di antara instansi terkait, kata dia.

Sementara Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius mengatakan, segala kemungkinan yang terjadi termasuk ancaman terorisme dari berbagai macam sumber ataupun masalah kimia lainnya harus diantisipasi.

"Jadi latihan ini untuk melihat bagaimana peran masing-masing dalam mengantisipasi ancaman tersebut," ujar dia.

Pelatihan mitigasi aksi teroris dan informasi crisis center tersebut dalam rangka pengamanan Asian Games 2018.