Penerbangan Palembang-Jeddah untuk perlancar ibadah

id Alex Noerdin, pesawat terbang, penerbangan, Asita, umrah, haji, kasus penipuan, Anton Wahyudi

Penerbangan Palembang-Jeddah untuk perlancar ibadah

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyatakan pembukaan rute penerbangan Palembang-Jeddah pada pertengahan November 2017 merupakan upaya untuk memperlancar pelaksanaan ibadah umrah bagi jemaah dari daerah tersebut.

"Maskapai penerbangan Lion Air bekerja sama Asita akan membuka penerbangan Palembang-Jeddah dan itu diharapkan dapat memperlancar pelaksanaan ibadah umrah," kata Alex Noerdin di Palembang, Selasa.

Ia menyebutkan selama ini jamaah yang akan melaksanakan umrah tidak pernah langsung menuju Jeddah sehingga pernerbangan tersebut cukup menjanjikan.

Dia mengatakan, penerbangan langsung itu juga untuk mencegah kasus penipuan yang sering terjadi selama ini.

"Hal ini karena travel yang memberangkatkan jamaah umrah diketahui keberadaannya," ujar Alex.

Namun, lanjut dia, yang lebih penting lagi untuk mencegah jamaah yang akan berumrah berangkat dari luar Sumsel.

Oleh karena itu pihaknya minta Kementerian Agama Sumsel untuk selalu memantau travel yang akan memberangkatkan umrah dari daerah itu.

"Jadi travel yang memberangkatkan jamaah harus terdaftar supaya dapat diawasi," ujar dia.

Sebelumnya Ketua Asita Sumsel Anton Wahyudi mengatakan, pihaknya bekerja sama maskapai Lion Air dalam penerbangan langsung Palembang-Jeddah tersebut.

Pembukaan jalur penerbangan tersebut juga karena banyaknya warga Sumsel yang ingin melaksanakan ibadah umrah. "Itu perlu diakomodasi melalui pernerbangan langsung," tambah dia. (U005)