KPU targetkan 70 persen partisipasi pemilih pilgub

id kpu, pemilih, partisipasi, pilgub, pilkada, tps, pemilihan gubernur, yudi risandi

KPU targetkan 70 persen partisipasi pemilih pilgub

Dokumentasi- Seorang warga memberikan hak pilihnya di TPS pada Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Gubernur Sumsel, Rabu (4/9). (ANTARA Sumsel)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menargetkan sebanyak 70 persen tingkat partisipasi pemilih masyarakat di wilayah itu pada Pilgub 2018.

Kepala Divisi SDM dan Parmad Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Yudi Risandi di Baturaja, Senin mengatakan bahwa pihaknya menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur Sumsel 2018 lebih tinggi dari pemilihan pada 2013.

Dia mengatakan,  pada Pilgub 2013 tingkat partisipasi pemilih sekitar 63 persen, bahkan waktu itu sempat diadakan pemungutan suara ulang di beberapa daerah.

"Sebenarnya kalau KPU belum tentukan target dan untuk partisipasi pemilih itu bukan target. Tapi kita berusaha meningkatkan kesadaran pemilih, sehingga kesadaran pemilih akan hak suaranya tinggi dan inilah yang biasa menentukan tingginya partisipasi pemilih," tegasnya.

Tapi meski demikian kata Yudi, pihaknya tetap berusaha agar partisipasi bisa meningkat dengan target di atas 70 persen pada pilgub  2018.

"Minimal sama dengan pilgub yang lalu dan sebisa mungkin di atas 70 persen," ujarnya.

Menurut dia, faktor sosialisasi dari semua pihak untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat menggunakan hak pilihnya menjadi kunci utama meningkatkan partisipasi pemilih.

"Partisipasi di atas angka 70 persen sudah termasuk tinggi, kalau sudah menyentuh dan mendekati 100 persen itu sudah sangat luar biasa, namun sejauh ini kita belum pernah tembus mendekati angka maksimal tersebut," tegasnya.

Disinggung apakah kejenuhan masyarakat juga mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih, menurut Yudi, jika dilihat dari data antusias penduduk di wilayah itu masih sangat rendah.

"Saya lihat partisipasi pemilih pada data C1 di pilkada pilgub yang lalu, masyarakat pemilih yang datang ke TPS diatas 70 persen. Melihat angka tersebut artinya masyarakat tidak jenuh, ya partisipasi pemilih itu ada beberapa ukuran barometer. Kedatangan masyarakat ke TPS juga sebagai bentuk partisipasi pemilih," ujarnya.