LRT awal 2018 diharapkan sudah uji coba

id RA Anita Noeringhati , anita, lrt, kereta api ringan, uji coba

LRT awal  2018 diharapkan sudah uji coba

RA Anita Noeringhati (ANTARA Sumsel/17/Susilawati/I016)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Jalur kereta ringan (LRT) di Kota Palembang diharapkan pada awal tahun depan sudah bisa uji coba sehingga bisa digunakan pada saat Asian Games 2018.

Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan RA Anita Noeringhati di Palembang, Jumat mengatakan, paling lambat pada awal tahun depan LRT itu sudah bisa uji coba.

Menurut dia, pembangunan LRT itu sekarang ini dikerjakan lebih ekstra untuk terminalnya.

Untuk progresnya sampai dua minggu lalu masih sesuai jadwal, hanya beberapa terkendala, tentang pengangkatan terminal ke atas.

Untuk mengangkat itu harus mempunyai lokasi yang lebar. Dulu pernah ujicoba dengan alat yang lebih kecil, akhirnya ada kejadian seperti di Seberang Ulu beberapa waktu lalu

"Kami tidak menginginkan ada kejadian seperti itu lagi, karenanya diperlukan lokasi yang lebih luas untuk meletakan alat berat," ujarnya.


Aktifitas pembangunan LRT

Progres LRT ini jangan sampai tidak selesai pada waktu yang sudah ditentukan.

"Pihak kontraktor mengatakan selesai mungkin akhir 2018 tapi saya bilang jangan lupa Agustus 2018 sudah Asian Games sehingga paling lambat di awal tahun depan sudah uji coba dan mereka berjanji akan mengupayakannya," tuturnya

Selain daripada itu tidak hanya dibagian atas saja tapi kondisi jalan umum bagian bawah juga harus dikembalikan seperti semula.

"Kami berharap masyarakat Sumsel ikut mengawal dan mengawasi LRT yang merupakan salah satu kebangaan Sumsel, karena pertama kali ada LRT di Sumatera," katanya.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyatakan, pengerjaan LRT itu 24 jam, dan diharapkan pada Februari 2018 selesai

Kemudian perlu dua tiga bulan dites dan selesai akhir Mei atau awal Juni 2018, katanya.