Pembangunan jaringan gas Kota Sekayu dipercepat

id Plt Sekda muba, Apriyadi, jargas, gas, jaringan gas kota, pipa gas

Pembangunan jaringan gas Kota Sekayu dipercepat

Bupati Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin meninjau jaringan gas kota dari lapangan perusahaan migas (ANTARA Sumsel/Dok Medco)

Musi Banyuasin (ANTARA Sumsel) - Pembangunan jaringan gas kota di Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan terus berjalan dan didorong lebih cepat sehingga bisa selesai tepat waktu sebelum akhir 2017.

"Pemkab akan memfasilitasi pembangunan 6.031 jaringan gas ke rumah-rumah penduduk di Kota Sekayu dan beberapa daerah lainnya dalam wilayah kabupaten ini sehingga pelaksnaan lebih cepat dari target yang ditetapkan karena pada 2018 akan dilanjujtkan pembangunannya dengan jumlah sambungan yang lebih banyak," kata Plt Sekretaris Daerah Musi Banyuasin Apriyadi, di Sekayu, Jumat.

Menurut dia, berdasarkan penjelasan kontarktor pembangunan jaringan gas kota, pemasangan pipa distribusi sudah mencapai di atas 60 persen.

Untuk mempercepat pembangunan infrastruktur gas di Kota Sekayu dan beberapa kecamatan dalam wilayah Musi Banyuasin lainnya, pihaknya akan membantu mengatasi berbagai hambatan yang terjadi dalam proses pembangunan tersebut.

Selain itu, pihaknya akan terus melakukan pemantauan perkembangan pengerjaan pipa jaringan gas di Sekayu dan beberapa daerah lainnya sehingga bisa selesai tepat waktu dan segera dinikmati masyarakat bahan bakar gas yang relatif murah itu, katanya.


Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (keempat kiri) didampingi Gubernur Sumsel Alex Noerdin (ketiga kanan) menandatangani pipa tanda dimulainya pembangunan Pipa Gas ruas Grissik-Pusri di Komplek Pabrik PT Pupuk Sriwidjaja, Palembang, Selasa (29/8). (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo/17}


Dia menjelaskan, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) saat ini tengah melakukan  pembangunan 6.031 jaringan gas ke rumah penduduk untuk mengatasi masalah kesulitan pemenuhan bahan bakar gas dalam kemasan tabung elpiji tiga kilogram.

Pembangunan jaringan gas PGN itu pada tahap awal dilakukan di enam sektor yakni empat kelurahan (Balai Agung, Soak Baru, Serasan Jaya, dan Kayuara) serta dua desa (Lumpatan I dan Lumpatan II).

Kemudian pada 2018 pembangunan jaringan gas kota akan dilanjutkan dengan jumlah 4.000 sambungan, sehingga secara keseluruhan sampai tahun depan jika pembangunannya berjalan dengan baik bisa diselesaikan 10.031 sambungan yang tidak hanya bisa dinikmati warga Kota Sekayu yang merupakan Ibu kota Kabupaten Musi Banyuasin, tetapi juga masyarakat yang berada di kecamatan sekitarnya.

Untuk mendukung pembangunan jaringan gas ke rumah-rumah penduduk itu, selain memberikan kemudahan kepada PGN mengurus perizinan pihaknya juga membantu menyelesaikan berbagai permasalahan di lapangan yang dapat menghambat pembangunan jaringan gas di wilayah Bumi Serasan Sekate ini.

Bahan bakar gas melalui jaringan gas kota tersebut dalam dua bulan terakhir sebagian sudah dinikmati masyarakat, jaringan yang sudah selesai dibangun di sekitar kawasan permukiman penduduk akan segera dilakukan penyambungan ke rumah-rumah penduduk, kata Apriyadi.