Warga didorong budidayakan ikan belida

id ikan belida, ikan, langka, budidaya, sekda, harobin mustafa, sungai musi, keramba

Warga didorong budidayakan ikan belida

Budidaya Ikan (ANTARA Sumsel)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, mendorong warga kota setempat melakukan budi daya ikan belida yang saat ini sulit diperoleh atau tergolong langka.

"Ikan belida pada tahun 1990-an masih banyak ditemukan di Sungai Musi, namun sekarang sulit diperoleh. Fakta tersebut cukup memprihatinkan dan perlu diambil langkah pelestariannya agar bisa tetap dinikmati anak cucu," kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, untuk melestarikan ikan belida agar tidak punah, pihaknya mencoba untuk melakukan berbagai upaya budi daya ikan belida dengan memanfaatkan fasilitas milik pemerintah kota dan warga.

Ikan belida bisa dibudidayakan berdasarkan informasi dari berbagai sumber masyarakat sejumlah daerah di Tanah Air seperti di Kalimantan berhasil melakukan budi daya ikan tersebut, katanya.

Dia menjelaskan, untuk melakukan budi daya ikan belida, pihaknya berupaya melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak serta Kementerian Kelautan dan Perikanan yang memiliki tenaga ahli dan teknologinya.

Ikan belida sekarang ini menjadi makanan yang tergolong langka dan mahal, padahal sebelumnya menjadi bahan baku untuk pembuatan pempek dan kerupuk kemplang makanan khas Palembang.

Dengan kondisi sulitnya diperoleh dan mahalnya harga ikan belida, perajin produk makanan khas daerah ini jarang menggunakan ikan belida sebagai bahan baku pembuatan makanan olahan ikan itu.

Perajin makanan khas kota ini sekarang sebagian besar menggunakan bahan baku ikan gabus dan ikan laut seperti jenis tenggiri dan kakap, namun ada beberapa perajin yang masih membuat makanan tersebut dengan bahan baku ikan belida yang didatangkan dari Kalimantan, ujar Harobin.