PHRI siapkan 600 sertifikat karyawan hotel

id phri, herlan, sertifikat, hotel , karyawan hotel, profesi

PHRI siapkan 600 sertifikat karyawan hotel

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (FOTO ANTARA Sumsel/Evan Ervani)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan pada 2017 ini menyiapkan program sertifikasi profesi untuk 600 karyawan hotel dan restoran di Kota Palembang dan beberapa daerah lainnya.

"Pada tahun ini diberikan kesempatan kepada 600 karyawan hotel dan restoran untuk mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, meskipun PHRI Sumsel belum memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), pihaknya terus berupaya mendorong karyawan hotel mengikuti tes sertifikasi yang diselenggarakan LSP PHRI dan tim Badan Standarisasi Nasional Pusat (BNSP) atau asesor dari Kementerian Pariwisata.

Sertifikasi tersebut akan terus didorong karena hingga sekarang ini masih banyak karyawan hotel dan restoran belum memiliki sertifikasi profesi yang bisa menjadi dasar karyawan profesional di bidang tugasnya.

"Sekarang ini baru sekitar 3.500 karyawan hotel di provinsi ini yang telah lulus sertifikasi dari 10..000 karyawan yang tersebar di 200 hotel kelas melati dan berbintang di wilayah Sumsel," ujarnya.

ia menjelaskan, untuk meningkatkan profesionalisme karyawan hotel dan restoran di provinsi pada 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games, PHRI Sumsel akan lebih mengintensifkan program sertifikasi karyawan hotel dan restoran.

Pembekalan bagi karyawan hotel dan restoran di daerah ini dengan sertifikasi profesi, diharapkan manajemen hotel mendorong karyawannya untuk mengikuti tes sertifikasi yang dilakukan PHRI bersama Kementerian Pariwisata, kata Herlan.