Apa tagline pariwisata Kota Palembang ?

id pariwisata, wisata, wisatawan, sungai musi, jembatan ampera, kementerian pariwisata, palembang

Apa tagline pariwisata Kota Palembang ?

Sejumlah perahu tradisional bersandar dipinggir Sungai Musi dengan latar belakang Jembatan Ampera Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Manajer Promosi Pariwisata Indonesia di Singapura Sulaiman Shehdek dalam sebuah seminar menyebut bahwa hingga kini Kota Palembang belum memiliki tagline yang benar-benar mudah dingat oleh wisatawan. Menurutnya, ini suatu kerugian karena sejatinya Palembang memiliki keunggulan di bidang pariwisata.

"Malaysia sudah dikenal dengan tagline 'Truly Asia", Palembang hingga kini belum ada. Bisa saja dimunculkan seperti The Venesia of Asia," kata Sulaiman dalam kesempatan tersebut.

Terkait kegelisahan ini, Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, mulai berbenah dengan mempersiapkan merek (branding) baru pariwisata untuk memanfaatkan peran sebagai tuan rumah Asian Games XVIII/2018.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Palembang Dharma Budi di Palembang, Selasa, mengatakan, branding baru ini diharapkan benar-benar dekat dengan ciri khas Palembang sehingga mudah diingat oleh para pendatang.

"Asian Games adalah kesempatan emas untuk promosi. Ada sekitar 15.000 pendatang, jika dapat dikemas dengan baik tentu akan menjadi media promosi yang paling efektif," kata Dharma.

Terkait merek pariwisata yang baru ini, Pemkot meminta masukan-masukan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait `tagline` dan logo yang akan digunakan. Kemudian konsultan dari Jakarta yang diutus Kementerian Pariwisata akan menganalisanya.

Menurut Budi, sebagian besar masukan yang diterima menyarankan untuk menggunakan logo Jembatan Ampera, namun ada juga yang memasukkan ikan belido yang juga merupakan jenis ikan untuk membuat kuliner khas pempek.

"Kami masih memilah-milah mencontoh juga daerah-daerah lain seperti Raja Ampat, Papua. Akan tetapi acuannya tetap ke Wonderfull Indonesia," kata dia.

Ia menerangkan, setelah final didapatkan logo dan tagline maka akan diresmikan oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo.

"Selama ini sudah ada logo dan tagline, tapi dinilai masih kurang menjual. Semoga saja dengan branding baru membuat Kota Palembang menjadi lebih dikenal," ujar dia.

Sementara itu, konsultan pemasaran utusan dari Kemenpar Ardi Ridwansyah mengatakan beberapa daerah pada tahun ini diharuskan memiliki branding, di antaranya, Palembang, Medan Danau Toba, Labuan bajo dan Manado.

"Dalam pembuatan ini, ada dua aspek konsistensi dengan Brand Indonesia yakni Wonderfull Indonesia kurang lebih sama seperti itu, baik itu warna dan panduan umumnya," kata dia.

Untuk itu, terlebih dahulu akan dilakukan survei ke masyarakat hingga lima kali sehingga awal 2018 sudah muncul branding baru Kota Palembang.

"Idealnya tagline itu sederhana dan mudah diingat, sedangkan logo yakni benar-benar menggambarkan suatu daerah, bisa Jembatan Ampera atau Sungai Musi," ujar dia.