Puskesmas Pedamaran alami kerusakan segera diperbaiki

id puskesmas, puting beliung, pemkab oki, rusak parah, bencana alam, iskandar

Puskesmas  Pedamaran alami kerusakan segera diperbaiki

Dokumentasi - Puskesmas (ANTARA)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Puskesmas di Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, segera diperbaiki setelah mengalami rusak parah akibat terjangan bencana angin puting hari Rabu (18/10).

Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar di Palembang, Minggu, mengatakan, fasilitas kesehatan ini akan segera diperbaiki agar pelayanan ke masyarakat tidak terhenti.

"Saya telah meminta instansi terkait untuk segera memperbaikinya," kata Iskandar.

Selain itu demi tetap terlaksananya pelayanan, Iskandar mengatakan dirinya juga meminta kepada petugas kesehatan untuk melakukan patroli keliling untuk memantau warga jika ada yang menjadi korban bencana puting beliung.

"Bencana ini memang cukup banyak memberikan dampak pada masyarakat,  meskipun tidak semua yang terkena dampak serius tapi minta petugas kesehatan masuk ke kampung-kampung," kata dia.

Bupati meminta warga yang tertimpa musibah ini untuk bersabar.

"Tentunya ada hikmah dibalik kejadian ini," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan HM Lubis mengatakan pelayanan di Puskemas Pedamaran tetap berjalan seperti biasa memanfaatkan infrastruktur seadanya.

"Meski ada beberapa ruangan yang mengalami kerusakan tetapi pelayanan tetap berjalan seperti biasa. Kami menggunakan ruang rawat inap dan Uni Gawat Darurat (UGD)," ujar dia.

Untuk membantu pelayanan masyarakat ini, dua puskesmas yakni Puskesmas Mulya Guna dan Sugih Waras untuk membackup pelayanan.

"Jadi selain petugas medis, kendaraan ambulance dari puskesmas tersebut juga disiagakan. Mereka juga melakukan patroli untuk menjangkau mungkin ada warga yang menjadi korban, tetapi sejauh ini belum ada." ujar dia.