Sumsel destinasi wisata kuliner terfavorit

id kuliner, makanan, pempek, destinasi wisata, sumsel, phri, hotel, restoran

Dokumentasi - Sejumlah warga berebut pempek raksasa yang dirangkai menjadi jembatan Ampera pada malam pembukaan Festival Sriwijaya di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, pada 2013. (ANTARA Sumsel/13/Feny Selly)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan menjadikan provinsi yang memiliki aneka jenis makanan tradisional sebagai salah satu daerah destinasi wisata kuliner terfavorit wisatawan Nusantara dan mancanegara.

Dengan kemampuan juru masak yang dimiliki anggota PHRI untuk mengolah aneka jenis makanan khas daerah menjadi makanan lezat dengan kemasan dan penataan yang menarik akan diminati wisatawan, kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Jumat.  

Menurut dia, provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini terdapat banyak makanan tradisional yang sudah cukup dikenal wisatawan Nusantara dan mancanegara seperti pempek dan kerupuk kemplang Palembang, pindang Musirawas, pindang Meranjat, serta aneka jenis makanan lainnya.

Hotel dan restoran milik anggota PHRI Sumsel akan terus didorong untuk mengolah dan mengemas aneka jenis makanan tradisional baik dari Kota Palembang yang sudah dikenal luas maupun dari daerah lain yang tidak kalah lezatnya namun belum terangkat ke permukaan.

Dengan mengolah dan mengemas potensi kuliner yang ada di masing-masing kabupaten/kota dan disajikan kepada tamu hotel yang berkunjung ke provinsi ini, pihaknya optimistis Sumsel dapat menjadi salah satu daerah yang memiliki daya tarik yang besar bagi wisatawan nusantara dan mancanegara, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mewujudkan Sumsel sebagai destinasi wisata kuliner, pihaknya berupaya mempromosikan potensi makanan khas daerah ini ke sejumlah negara yang warga negaranya paling banyak berkunjung ke provinsi ini dengan memanfaatkan jaringan atau mitra kerja seperti biro perjalanan wisata, hotel dan restoran yang ada di dalam dan luar negeri.

Khusus promosi ke luar negeri, pihaknya berupaya gencar melakukannya ke beberapa negara potensial pasar pariwisata provinsi ini seperti Malaysia, Singapura dan Australia, kata Herlan.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar