2.000 guru honor bakal kantongi SK Wali Kota

id wakil walikota, Fitrianti Agustinda, guru sd, guru honor, sk wali kota

2.000 guru honor bakal kantongi SK Wali Kota

Fitrianti Agustinda (ANTARA Sumsel/Aziz Munajar/17)

....Kami juga akan memberikan tunjangan sebesar Rp500 ribu per bulan kepada 800 guru honor non-K2 di Kota Palembang....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 2.000 guru honor tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Palembang bakal mengantongi Surat Keputusan (SK) Wali Kota sebagai jaminan untuk tetap mengajar.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Jumat mengatakan, hal tersebut sebagai bentuk apresiasi serta kepedulian Pemkot Palembang terhadap pengabdian guru honor meski belum terdaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil.

"Bagi guru honor yang telah mengabdi lebih dari lima tahun dan sudah memiliki nomer urut maka akan diberikan SK wali kota pada tahun depan," kata dia.

Namun, untuk menjalani proses ini akan dilakukan seleksi terlebih dahulu karena terkait dengan jumlah guru honor di Palembang dan keterbatasan dana.

Meski tidak seluruh guru honor akan mengantongi SK Wali Kota, ia berharap para guru ini tidak berputus harapan mengingat pemkot memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan (GTK) baik honor maupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kami juga akan memberikan tunjangan sebesar Rp500 ribu per bulan kepada 800 guru honor non-K2 di Kota Palembang," ujar dia.

Ia pun mengharapkan para pekerja honorer kiranya tidak mudah terpancing isu mengenai adanya pengangkatan PNS dari pekerja honorer oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk meraih keuntungan pribadi.

"Para honerer seharusnya paham bahwa pemerintah telah menetapkan aturan sendiri untuk pengangkatan mereka, jadi tidak mungkin dilakukan setiap tahun," ujar dia.

Sebanyak 1.645 orang PNS bekerja di pemerintahan kota Palembang dengan beragam profesi seperti guru, tenaga medis, dan lainnya.