Palembang akan bangun wisata Pulokerto

id walikota, harnojoyo, wisata pulokerto, gandus, wisata, asian games

Palembang akan bangun wisata Pulokerto

Wali Kota Palembang Harnojoyo (ANTARA Sumsel/Feny Selly/17)

....Kami berharap pembangunan bisa dilakukan tahun ini, terutama Palembang akan menjadi tuan rumah Asean Games....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang menargetkan pembangunan kawasan wisata (resort) di Pulokerto, Kecamatan Gandus, pada akhir tahun 2017.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Jumat, target ini tak lain untuk memanfaatkan momen Asian Games tahun 2018.

"Target kami tahun ini juga, paling tidak akhir tahun," katanya.

Ia mengatakan pemerintah kota (pemkot) sangat optimistis target ini bakal terwujud karena telah menandatangani nota kerja sama dengan sejumlah investor luar negeri.

"Pembangunan akan dilakukan secara bertahap sesuai kesepakatan dengan investor. Saat ini sedang ditelaah, investor mana yang cocok," kata Harnojoyo.

Ia menerangkan, para investor tersebut nantinya akan bersinegri dengan PT Palembang Trade and Logistic (Patralog) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Palembang untuk mendampingi dalam hal pengelolaan.

Pelibatan BUMD ini tak lain karena adanya potensi keuntungan dari sektor pariwisata di masa datang.    
Sementara itu, Managing Director Clarion GED Monaco Italia Giacomo Ortolano mengatakan resor yang akan dibangun ini nanti akan menonjolkan keindahan Sungai Musi.

"Kami berharap pembangunan bisa dilakukan tahun ini, terutama Palembang akan menjadi tuan rumah Asean Games," kata dia.

Untuk tahap awal, ia menjelaskan, perusahaannya akan membangun satu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kawasan Gandus dengan daya sekitar 10 megawatt.

"Investasi PLTS ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Ini akan diseninergikan antara investor Australia dan Italia," kata dia.

Dalam hal ini, pembangunan akan menelan dana sebesar Rp4,5 triliun investasi dari Australia serta Rp2,8 triliun investasi Italia.

Menurutnya, saat ini Palembang merupakan satu-satu kota yang menjadi target investor luar negeri untuk menerapkan konsep green city, sedangkan unruk green province sudah dilakukan untuk daerah Bali.