Harga ikan marlin di Ogan Komering Ulu Rp80 ribu/Kg

id harga ikan, ikan marlin, pedagang, pasar, ikan

Harga ikan marlin di Ogan Komering Ulu Rp80 ribu/Kg

Dokumentasi - Pedagang ikan di Pasar Cinde Palembang (FOTO ANTARA Sumsel/Feny Selly)

Baturaja   (ANTARA Sumse) - Harga ikan marlin di Pasar Baru Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini mencapai Rp80 ribu per kilogram (Kg), naik dari sebelumnya di kisaran Rp50 ribu per Kg.

"Harga ikan marlin biasanya saya jual satu Kg hanya Rp50 ribu sekarang naik menjadi Rp80 ribu per Kg," kata Herman salah seorang pedagang di Pasar Baru Baturaja, Jumat.

Ia mengungkapkan, harga jenis ikan laut ini mulai berangsur naik sejak Mei 2017 dengan harga saat itu hanya Rp50 ribu per kg, sekarang nilai jualnya sudah mencapai Rp80 ribu per kg.

"Saya tidak tahu pasti penyebab kenaikan harga. Namun yang jelas sejak Mei lalu pasokan ikan marlin dari daerah Lampung mulai berkurang, padahal peminat masyarakat yang membeli banyak sekali," jelasnya.

Ia mengemukakan, biasanya setiap satu kwintal atau setara dengan 100 kg ikan marlin dengan ukuran beragam dari agen habis terjual dalam kurun waktu sepekan.

"Sejak pasokan berkurang, saya hanya mengambil sedikit agar cepat habis," katanya.

Ia menambahkan, meskipun harga mahal namun minat pembeli ikan ini cukup banyak karena selain memiliki rasa khas, tulangnya juga sedikit dan berdaging tebal sehingga digemari masyarakat untuk dikonsumsi.

"Pasokan ikan marlin ini sulit didapat mungkin karena persediaan di tingkat agen pemasok dari Lampung juga terbatas disebabkan oleh hasil tangkapan ikan para nelayan di wilayah itu saat ini menurun akibat cuaca buruk," kata Parlin pedagang lainnya menambahkan.

Karena pasokan berkurang, kata Parlin, harga ikan ini melonjak dari sebelumnya hanya Rp50 ribu per kg sekarang mencapai Rp80 ribu per kg.

Sementara menurut Asna salah seorang pembeli di Pasar Baru Baturaja bahwa sengaja membeli ikan marlin karena memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi bersama keluarga meskipun harganya saat ini mahal.

"Mau gimana lagi soalnya anak saya suka makan ikan ini," ujarnya.