Kota Palembang wujudkan bebas rabies

id rabies, sekda, harobin, bebas rabies, binatang, anjing

Dokter hewan dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PHDI) bersiap menyuntikan vaksin rabies ke seekor kucing pada Palembang Pet Festival, Minggu (14/5). (FOTO ANTARA Sumsel/Feny Selly/17)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, siap mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia bebas penyakit rabies pada 2020.

Untuk mewujudkan Indonesia bebas rabies sesuai dengan target tersebut, mulai tahun ini lebih gencar lagi dilakukan kegiatan sosialisasi yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat memeriksakan kesehatan dan memberikan vaksin terhadap hewan peliharaannya yang berpotensi menyebarkan virus rabies, seperti kucing dan anjing, kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Rabu.

Rabies adalah salah satu penyakit mematikan berupa infeksi akut disebabkan oleh virus rabies yang ditularkan melalui gigitan, cakaran, maupun jilatan dari hewan yang positif rabies, seperti anjing, kucing, monyet, dan beberapa hewan lainnya.

Melihat bahayanya penyakit itu, pemilik hewan peliharaan yang berpotensi menularkan penyakit rabies akan didorong untuk memperhatikan kesehatan hewan peliharaannya dan memberikan vaksin rabies sebagai upaya menjadikan Bumi Sriwijaya ini bersih dari penyakit rabies sesuai dengan program pemerintah pusat, katanya.

Menurut dia, untuk mendorong pemilik anjing, kucing, dan hewan lain memberikan vaskin rabies kepada hewan peliharaannya itu, selain melakukan kegiatan sosialisasi pada berbagai kesempatan, pihaknya juga berupaya melakukan kerja sama dengan komunitas pencinta hewan dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai perawatan hewan sehingga aman bagi pemelihara dan masyarakat sekitar.

Masyarakat yang memiliki hobi memelihara hewan, jangan sampai mengabaikan perawatan kesehatan hewan peliharaan dari hal-hal yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan bagi anggota keluarga dan masyarakat yang berada di sekitar tempat tinggal.

Tindakan pencegahan lebih baik dilakukan sejak dini, jangan sampai hewan peliharaan yang lucu dan menghibur bisa menimbulkan masalah bagi pemiliknya, keluarga, dan masyarakat sekitar karena kurangnya perhatian dalam menjaga kesehatan hewan.

Melalui upaya tersebut, dia berharap dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap hewan peliharaan dan menjadikan kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini benar-benar terbebas dari penyakit rabies lebih cepat dari target nasional, kata Harobin.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar