Wapres: Teknologi solusi peningkatan produksi pangan

id Jusuf Kalla, pangan, teknologi, pertanian, hasil produksi, WPLACE, penduduk

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla menegaslan hanya kemajuan teknologilah yang bisa meningkatlan hasil produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia yang terus meningkat akibat bertambahnya penduduk dan berkurangnya lahan pertanian.

"Satu-satunya cara untuk menyelesaikan adalah teknologi. Bagaimana teknologi pembibitan meningkatkan hasil produksi dan sebagainya," kata Wapres M Jusuf Kalla saat pembukaan World Plantation Conferences and Exhibition (WPLACE) 2017 di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut Wapres menjelaskan saat ini pertambahan penduduk dunia terus meningkat. Karena itu kebutuhan akan pangan juga akan meningkat. Seementara di sisi lain dengan meningkatnya jumlah penduduk mala akan meningkat kebutuhan alan lahan untuk perumahan, perkantoran maupun industri. Dengan dengan tambahnya justru akan mengurangi lahan pertanian.

"Selain tehnologi juga perlu kedisiplinan masyarakat. Disiplin soal musin tanam, penggunaan bibit yang baik, pupuk maupun menghemat air," kata Wapres.

Wapres juga menjelaskan jumlah penduduk dunia pada 2050 diperkirakan sudah mencapai 10 miliar maka kebutuhan akan pangan akan meningkat hingga 70 persen. Hal ini tambahnya dibutuhkan kemajuan teknologi untuk bisa meningkatkan hasil produksi pangan.

Wapres mengharapkan konferensi internasional ini akan memikirkan hal-hal terkait semua itu dan akan bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan hasil produksi pangan. Wapres juga menjelaskan bahwa sejarah Indonesia adalah wilayah perkebunan dan pertanian
Bangsa Belanda datang ke Indonesia untuk memburu rempah-rempah dan kemudian mengembangkan perkebunan besar. Karena itu, tidak salah jika konferensi ini juga dilaksanakan di Indonesia.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar