Timnas voli pantai targetkan final turnamen Asia Pasifik

id Slamet Mulyanto , pbvsi, voli pantai, turnamen asia pasifik, jakabaring, volley ball

Dokumentasi - Pebola voli putri Indonesia Rizki Dwi berusaha mengembalikan bola ke arah pasangan putri Thailand Rumpairuet Numwong dan Khanitta Hongpakk pada babak penyisihan Turnamen Voli Pantai Asia Pasifik di Palembang pada 2013. (ANTARA Sumsel13

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Tim Nasional Voli Pantai menargetkan dapat menembus partai final Turnamen Voli Pantai Asia Pasific 2017 di Venue Beach Volleyball Jakabaring, Palembang, 18-22 Oktober mendatang.

Kepala Bidang Voli Pantai Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP-PBVSI) Slamet Mulyanto di Palembang, Rabu, mengatakan target ini cukup realistis karena pada ajang sebelumnya juga meloloskan tim putra ke final.

"Indonesia sebagai tuan rumah akan menurunkan tiga pasang atlet baik putra dan putri," kata dia.

Tim 1 Putra akan diperkuat pasangan Rachmawan Ade/Asyifah Mohammad. Kemudian Indonesia 2 dihuni duet Ramadhan Gilang/Pribadi Danangsyah. Lalu Indonesia 3 akan menurunkan Shihab Imtaq/Dewantoro Gunawan.

Sedangkan untuk kategori putri Indonesia 1 andalkan, Juliana Dhita/Utami Putu Dini. Indonesia 2 berkekuatan Ratnasari Desi/Eka Yakobed dan Indonesia 3 Rahawarin Martha/Sari Nur Atika.

Ia mengatakan ajang tes event ini sangat penting bagi Timnas karena juga dibebani meraih medali ada Asian Games.

Kejuaraan test event voli pantai ini dijadikan ajang persiapan menuju kejuaraan yang sesungguhnya yakni Asian Games pada 2018 mendatang.

"Dalam ajang Asian Games, Indonesia memiliki rekor baik karena selalu menyumbang medali, baik perak maupun perunggu. Dengan materi pemain yang ada saat ini, saya optimistis Timnas dapat menyumbangkan medali," kata dia.

Sementara itu menjelang turnamen, sebanyak empat negara melakukan percobaan lapangan voli pantai Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Selasa (17/10) sekitar pukul 09.00 WIB.

Empat negara tersebut ialah Australia, Korea Selatan (Korsel), Jepang dan Arab Saudi. Keempatnya mencoba lapangan eks SEA Games 2011 lalu secara bergantian dengan diberi jatah waktu satu jam latihan.

Slamet Mulyanto menjelaskan ada tujuh venue voli pantai yang disediakan untuk ajang ini.

"Meskipun belum permanen, venue yang ada sudah sangat baik dan layak dipakai untuk event internasional. Pasirnya saja kita ambil dari Bangka. Ini sebagai bukti keseriusan kita sebagai tuan rumah," ujar dia

Sementara itu, untuk atlet Indonesia baik putra maupun putri akan melakukan jajal lapangan, Rabu.

"Tentu kami berharap Indonesia yang menjadi juara. Untuk itu mohon dukungannnya pada masyarakat Sumsel dan Palembang pada khususnya," kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar