Polisi lumpuhkan bandit spesialis pencuri motor

id polisi, kriminalitas, motor, pencuri sepeda motor, polres oku, spesialis pencuri

Ilustrasi- Kriminal (FOTO ANTARA)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menangkap tersangka pelaku spesialis pencuri sepeda motor sebanyak 26 unit milik warga setempat.

"Tersangka Nur (30) adalah warga Jalan Padat Karya Kecamatan Baturaja Timur itu. Dia terpaksa kami tembak di bagian betis kanan dan kiri karena melakukan perlawanan, serta mencoba kabur saat penangkapan pada 11 Oktober 2017," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP NK Widayana Sulandari, di dampingi Kasat Reskrim AKP Alex Andrian di Baturaja, Selasa.

Pelaku ditangkap saat melakukan aksi pencurian motor di kawasan Terminal Tipe A Batukuning bersama rekannya berinisial Z yang saat ini masih buron.

Setelah ditangkap, tersangka mengaku sudah 26 kali beraksi bersama rekannya yang kabur itu serta Yud (21) warga Desa Rantau Nipis Kabupaten OKU Selatan mencuri sepeda motor di kawasan Baturaja.

"Berbekal informasi itu kami langsung menangkap pelaku  Yud di rumahnya," jelasnya.

Menurut dia, aksi komplotan ini dalam mencuri kendaraan bermotor menggunakan kunci T dan dalam tempo 3-5 detik mampu menggasak minimal empat unit sepeda motor.

"Setelah beraksi sekali dan merasa aman, biasanya mereka kembali lagi ke lokasi kejadian untuk mencuri. Selanjutnya hasil curian itu mereka preteli dan dijual ke penadah," ungkapnya.

Dari 26 kendaraan yang dicuri para pelaku ini, kata dia,  Satreskrim Polres OKU mengamankan empat unit sepeda motor yakni Satria F 150 BG6199 FAG, Vario BG3388 FK, Vixion BG4042FU dan Honda Beat BE5110RK.

Sementara tersangka Nur di hadapan penyidik yang memeriksanya, mengaku aksi pencurian itu dilakukan bersama rekannya di sejumlah areal parkir di Kota Baturaja seperti parkiran motor RSUD Ibnu Sutowo, Kontrakan Karisma, Kelurahan Air Gading, Lotus dan Lapangan Upacara Pemkab OKU.

"Saya sudah tiga kali beraksi di RSUD, di Lotus satu kali, lapangan upacara satu kali, Air Gading satu kali dan areal kontrakan Karisma satu kali. Setiap beraksi minimal kami sukses mencuri empat unit motor," kata tersangka.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar