Merek asal Indonesia raih 2017 World Branding Awards

id merek dagang, nirlaba global, Brand of the Year, merek, Cinema XXI, Garuda Indonesia, HokBen, Indomilk, Indovision Digital, Matahari, Pertamina, telko

Merek asal Indonesia raih 2017 World Branding Awards

World Branding Awards (ANTARA Sumsel)

LONDON (Antara) - Sebanyak 245 merek dari 32 negara dianugerahi "Brand of the Year" pada gelaran bergengsi World Branding Awards keempat di Kensington Palace.
   
Merek peraih Global tier di antaranya Apple, Beijing Tong Ren Tang, BMW, Cartier, Club Med, Coca-Cola, Facebook, Google, Lego, L'Oréal, Louis Vuitton, McDonald's, Nescafé, Nike, Oral-B, Pampers, Rolex, Samsung, Schwarzkopf, Starbucks, Umbro, VISA dan Yakult. Pemenang Regional mencakup Ajinomoto, Giordano, Indomie, Isetan, Kikkoman, MTN, RAK Ceramics, Sa Sa, Shangri-La, Uniqlo dan Zara.

National tier diraih brand asal Indonesia antara lain Cinema XXI, Garuda Indonesia, HokBen, Indomilk, Indovision Digital, Matahari, Pertamina, dan Telkomsel.
   
Dianggap sebagai salah satu ajang penghargaan brand internasional terbaik di dunia, World Branding Awards memberikan penilaian dengan sangat ketat melalui tiga tahap: valuasi brand, riset pasar konsumen, dan pengumpulan suara publik secara online. 70 persen penilaian berasal dari suara konsumen. Gelar "Brand of the Year" diraih oleh masing-masing brand yang memuncaki tiap-tiap kategori.
   
"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pencapaian dari berbagai brand-brand hebat di dunia. Seluruh brand telah membuktikan kalau mereka sukses menerapkan strategi branding yang efektif dan komprehensif. Persaingannya sangat ketat untuk meraih gelar brand terbaik di masing-masing kategori," ujar Chairman World Branding Forum, Richard Rowles.

 "Mengingat proses kampanye dan promosi yang sukses, event tahun ini diikuti lebih banyak peserta dan konsumen dibandingkan tahun lalu. Tercatat, lebih dari 135.000 konsumen dari seluruh dunia memberikan suara bagi lebih dari 3000 brand dari 35 negara. Meskipun demikian, penghargaan tidak diberikan seluruh kategori dan terdapat beberapa negara tidak memiliki brand yang memenuhi syarat," ungkap Chief Executive World Branding Forum Peter Pek.
   
Penghargaan ini diselenggarakan oleh World Branding Forum, organisasi nirlaba global yang didedikasikan untuk meningkatkan standar branding dengan tujuan untuk memberikan manfaat signifikan bagi komunitas branding dan juga konsumen. Organisasi ini menyelenggarakan dan mensponsori berbagai program edukatif dan bermitra dengan sejumlah universitas dan museum terkemuka. Forum ini juga mempublikasi berita-berita terkait branding di situsnya yang menjangkau lebih dari lima juta audiens di seluruh dunia.
   
Malam penghargaan World Branding Awards dibawakan oleh David Croft dari Sky Sports. (W. Indrawan)