Disbun Muba berdayakan tim pengembangan perkebunan

id perkebunan, tim, kebun, pemberdayaan, disbun muba

Disbun Muba berdayakan tim pengembangan perkebunan

Dokumentasi - Panen kelapa sawit. (FOTO ANTARA)

Musi Banyuasin, Sumsel,  (ANTARA Sumsel) - Dinas Perkebunan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya memberdayakan tim pengembangan perkebunan untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna pelaksanaan proyek-proyek perkebunan di kabupaten setempat.

Tim pengembangan perkebunan yang dikenal dengan Tim Pembina Proyek-proyek Perkebunan Kabupaten (TP3K) yang dibentuk sejak setahun terakhir akan lebih diberdayakan sehingga pemanfaatan potensi perkebunan daerah ini bisa maksimal, kata Kepala Dinas Perkebunan Musi Banyuasin Iskandar Syahrianto, di Sekayu, Kamis.

Menurut dia, pemberdayaan tim tersebut sesuai dengan visi dan misi pembangunan perkebunan dalam rangka menyukseskan penerapan otonomi daerah secara maksimal.

Tim TP3K merupakan forum koordinasi dan konsultasi antarinstansi yang berkaitan dengan kegiatan perkebunan sehingga kebijakan dan langkah-langkah dari masing-masing instansi bisa diterapkan dengan baik.

Selain itu, TP3K berperan untuk menunjang dan mengamankan, memecahkan masalah-masalah yang menjadi hambatan, serta memonitor perencanaan dan pelaksanaan proyek pengembangan perkebunan dengan pola kemitraan Perusahaan Inti Rakyat (PIR), Kredit Koperasi Primer untuk Anggota (KKPA), Unit Pelaksana Proyek (UPP) dan Perusahaan Besar Swasta (PBS), katanya.

Dia menjelaskan, keberadaan TP3K akan mendorong perusahaan perkebunan menjalankan program kemitraan di desa-desa sekitar lokasi lahan yang dikuasai perusahaan.

"Program kemitraan yang didorong dan pelaksanaan diawasi secara ketat oleh TP3K seperti persawahan, tanaman perkebunan kelapa sawit, peternakan ayam, kambing, sapi, itik, perikanan darat atau keramba serta menggali potensi desa lainnya," ujar Iskandar.