Jumat, 20 Oktober 2017

Polisi giatkan razia pintu masuk kabupaten

id razia, polisi, patroli, perbatasan, kriminal, polres oku
Polisi giatkan razia pintu masuk kabupaten
Dokumentasi - Polres OKU razia kendaraan di Baturaja, Senin (27/1) (F0TO ANTARA Sumsel/13/Edo Purmana)
Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggiatkan razia di sejumlah jalur yang menjadi pintu masuk bagi para pelaku kejahatan dari luar di perbatasan antarkabupaten.

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kasat Sabhara, AKP Redy Cahyono di Baturaja, Kamis mengatakan bahwa pihaknya telah meningkatkan patroli dan razia di sejumlah jalur tersebut yang diduga menjadi pintu masuk pelaku kejahatan dari luar ke Kabupaten OKU.

"Razia dan patroli hampir setiap hari kami lakukan untuk mencegah adanya pelaku tindak kejahatan yang berasal dari luar daerah," katanya.

Ia menjelaskan, seluruh jajaran polsek bersama Tim Reaksi Cepat Satuan Sabhara Polres OKU ditugaskan rutin patroli dan razia guna menciptakan situasi keamanan yang kondusif.

"Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Lubuk Batang menerjunkan personel bersenjata lengkap saat patroli di jalan lingkar cor beton Kurup-Batu Kuning beberapa waktu lalu," katanya.

Di wilayah itu terdapat sebanyak lima pintu masuk utama yaitu Jalan Lintas Sumatera dari Martapura Kabupaten OKU Timur, kemudian Kecamatan Lengkiti dari OKU Selatan, Prabumulih lewat Desa Gunung Meraksa (Kecamatan Lubuk  Batang), dan dari Muara Enim melalui Jalanl Lintas Sumatera di Kecamatan Pengandonan.

"Selanjutnya dari Ogan Ilir melalui Kecamatan Peninjauan dan beberapa dari Kecamatan Sinar Peninjauan. Namun kami selalu berkoordinasi dengan polsek agar pintu masuk ini selalu diawasi," jelas Redy.

Ia mengemukakan, patroli dilakukan secara acak baik tempat dengan melibatkan personel polsek dan satuan fungsi Polres OKU digelar pada malam maupun siang hari hingga akhir pekan, pihaknya juga menyiagakan anggota piket untuk melayani masyarakat.

"Untuk waktu tidak menentu, Sabtu malam, ada beberapa polsek yang melakukan razia. Di antaranya Polsek Semidang Aji, kemudian siang harinya patroli oleh tim reaksi cepat Sat Sabhara dan Tim Walet," ungkapnya.

Hal tersebut kata dia, dilakukan untuk menekan ruang gerak pelaku kriminalitas, bahkan beberapa waktu lalu Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari telah memerintahkan personelnya untuk melakukan tindakan tegas terhadap pelaku kriminalitas yang membahayakan petugas.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga