Jambi sita belasan ekor kepiting

id kepiting, Karantina Ikan, Rudi Barmara, penyelundupan, mangrove, tersangka

Jambi sita belasan ekor kepiting

Ilustrasi- Kepiting.(ANTARA)

Jambi (ANTARA Sumsel) - Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Kelas I Jambi menyita belasan ekor kepiting (callinectes sapidus) yang dibawa oleh penumpang melalui Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Ada 12 ekor kepiting yang sudah kita sita karena itu melanggar aturan, semua lalu lintas perikanan harus melalui karantina," kata Kepala Stasiun Karantinan Ikan Pengendalian Mutu dan Kemanan Hasil Perikanan (SKIPM) Kelas I Jambi Rudi Barmara di Jambi, Rabu.

Belasan ekor kepiting itu, kata Rudi, merupakan barang tentengan yang telah dikemas dalam kardus dan dibawa oleh salah satu penumpang yang menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara Sultan Thaha Jambi dan tidak melalui proses karantina.

Setelah dicek oleh petugas karantina perikanan dan satuan keamanan bandara, diketahui besaran kepiting tersebut di bawah ukuran yang ditentukan (under size) atau di bawah 200 gram.

"Kepitingnya masih kecil dan walaupun hanya satu ekor tetap kita tahan dan kita lepasliarkan kembali ke habitatnya supaya berkembang biak," katanya menjelaskan.

Hasil kepiting sitaan itu selanjutnya, kata Rudi, rencananya langsung akan dilepasliarkan di kawasan mangrove di Muarasabak, Kabupaten Tanjungjabung Timur, sesuai dengan habitatnya aslinya.

"Langsung kita lepaskan di kawasan mangrove yang menjadi habitat aslinya sudah dapat berkembang biak," katanya.

Sementara itu, pihaknya telah mengintruksikan petugas agar memperketat pengawasan terhadap pengiriman hasil perikanan karena sekarang ini banyak modusnya, terutama modus pengirimannya melalui jalur udara.

Pengetatan pengawasan pengiriman hasil laut tersebut untuk mengantisipasi adanya upaya penyelundupan perikanan dan sejenisnya dari hasil sumber daya kelautan.

"Pengawasan itu juga dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1/2015 tentang Pembatasan Penangkapan Lobster, Ranjungan dan Kepiting," katanya menambahkan.