Benahi objek wisata andalan

id objek wisata, bkb, ampera, benteng kuto besak, bukit siguntang, irene camelyn

Benahi objek wisata andalan

Pengerjaan tugu ikan belido Palembang (ANTARA Sumsel/Feny Selly/17)

Palembang, 10/10 (Antara) -  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan membenahi objek wisata andalan yang ada di Kota Palembang menghadapi Asian Games 2018.

"Kota Palembang dan daerah Sumsel lainnya memiliki banyak objek wisata namun karena kondisi keuangan terbatas, hanya beberapa objek wisata andalan yang mulai dibenahi untuk menyambut kedatangan atlet dan tamu undangan dari negara peserta pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, saat berlangsungnya Asian Games, akan banyak datang atlet dan tamu undangan ke daerah ini yang kemungkinan besar akan mengunjungi berbagai objek wisata.

Menghadapi datangan ribuan atlet dan tamu dari puluhan negara kawasan Asia pada ajang olahraga itu, perlu dilakukan persiapan dan pembenahan tempat-tempat yang biasa diminati wisatawan asing ketika berkunjung ke wilayah ini.

Beberapa objek wisata yang dibenahi untuk dipersiapkan menyambut tamu Asian Games seperti Benteng Kuto Besak (BKB) yang berada di samping jembatan Ampera, dan Bukit Siguntang.

Penataan BKB hampir selesai dengan dilakukan penambahan maskot ikan belido yang merupakan jenis ikan khas Palembang yang mulai langka.

Sedangkan penataan Bukit Siguntang saat ini masih berlangsung dan diperkirakan bisa selesai pada tahun depan atau sebelum pelaksanaan Asian Games, katanya.

Dia menjelaskan, Bukit Siguntang merupakan titik tertinggi di Kota Pelembang dengan ketinggian sekitar 30 meter dari permukaan laut.

Selain bisa melihat suasana kota dari puncak objek wisata itu, pengunjung Bukit Siguntang bisa melihat tujuh makam yang dikaitkan dengan tokoh-tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya yakni makam Raja Sigentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Pangeran Raja Batu Api, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang, dan Panglima Tuan Djundjungan yang diyakini bisa menarik banyak pengunjung.

Bukit Siguntang merupakan tempat sakral yang menyimpan cerita dan kisah dari Kerajaan Sriwijaya, dengan nilai sejarah yang tinggi, diharapkan objek tersebut bisa menjadi salah satu tempat yang menyita banyak perhatian atlet dan tamu undangan lainnya, ujar Irene.