Pemkab OKU Timur produktifkan lahan kosong

id lahan, pertanian, lahan gambut, Bupati, OKU Timur, HM Kholid MD

Ilustrasi- Lahan sawah petani .(ANTARA FOTO)

Martapura (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan produktif guna meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Selama ini pemanfaatan lahan kosong yang ada di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur sering kali terabaikan dengan alasan tidak produktif hingga terbengkalai tanpa difungsikan," kata Bupati OKU Timur, HM Kholid MD di Martapura, Sabtu.

Dikatakannya, pemerintah setempat berencana akan memanfaatkan lahan kosong agar menjadi produktif guna meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Karena sangat sayang sekali jika aset berharga yang dimiliki pemerintah daerah tidak dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu kita akan jadikan lahan kosong menjadi lahan produktif," ungkapnya.

Bupati mengemukakan, lahan kosong nantinya akan digarap untuk dijadikan salah satu destinasi baru menjadi area pertanian, perkebunan dan perikanan.

"Pemanfaatan lahan nantinya akan digunakan mulai dari tanaman buah hingga budidaya ikan air tawar dan lain sebagainya," ungkapnya.

Jika ditata dengan baik, kata dia, lahan kosong juga dapat dijadikan taman bunga yang akan menjadikan lingkungan asri, nyaman dan sehat bahkan bisa disulap menjadi taman bermain sekaligus tempat bersantai bersama keluarga bagi masyarakat saat libur.

"Jadi tidak ada alasan aset yang dimiliki terbengkalai, karena masih banyak lagi peruntukannya yang memberikan dampak positif bagi masyarakat banyak," jelasnya.

Ia berharap, upaya yang akan dilakukan Pemkab OKU Timur tersebut dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat di wilayah itu.

Ia menambahkan, masih banyak aset Pemkab OKU Timur yang berpotensi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat jika digarap secara maksimal khusunya pada sektor pertanian, perkebunan dan perikanan.

"Pemerintah berharap lahan kosong yang selama ini belum tersentuh bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga menjadi nilai ekonomi menambah pendapatan masyarakat," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar