PDIP Sumsel siap diverifikasi hadapi pemilu

id PDI Perjuangan, Yudha Rinaldi, kpu, perifikasi, pemilu, pilkada

PDIP Sumsel siap diverifikasi hadapi pemilu

PDI Perjuangan (Ist)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan siap untuk diverifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum dalam menghadapi Pemilu 2019.

"Kalau untuk verifikasi partai kami sudah siap sekarang ini," kata Bendahara DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan Yudha Rinaldi di Palembang, Jumat.

Menurut dia, verifikasi itu meliputi status kantor tetap untuk kepengurusan pada tingkat DPD, DPC, dan PAC milik sendiri atau sewa dan domisili.

Kemudian juga mengenai kartu tanda anggota (KTA) yang sama dengan kartu tanpa penduduk (KTP). Memiliki anggota paling sedikit 1.000 atau 1/1.000 dari jumlah penduduk kabupaten/kota.

Ia mengatakan untuk pendaftaran partai politik sekarang sudah dimulai, tetapi KPU hanya menyediakan empat akun sehingga harus bergilir.

"Semestinya ada 17 akun karena di Sumsel terdapat 17 kabupaten dan kota," ujar Yudha yang juga mantan anggota DPRD Sumatera Selatan tersebut.

Sementara Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan Liza Lazuarni mengatakan pendaftaran partai politik dilakukan di KPU RI.

Pendaftaran partai politik sesuai jadwal dimulai 3 Oktober 2017 dan berakhir pada 16 Oktober 2017.

"Untuk verifikasi faktual nanti dilakukan oleh KPU kabupaten dan kota masing-masing," katanya.