Jerman pastikan diri lolos ke Piala Dunia

id Piala Dunia, jerman, kualifikasi piala dunia, Irlandia Utara

Trio pencetak gol kemenangan tim nasional Jerman atas Azerbaijan, (ki-ka) Andre Schuerrle, Mario Gomez dan Thomas Mueller, dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa Grup C. (twitter.com/fifaworldcup)

Belfast (ANTARA/Reuters) - Jerman memastikan diri lolos ke Piala Dunia pada Kamis ketika gol-gol awal dari Sebastian Rudy dan Sandro Wagner membuka jalan bagi mereka untuk menang 3-1 di Irlandia Utara, yang mempertahankan rekor sempurnanya di Grup C.

Rudy melepaskan tembakan dari jarak jauh melewati Michael McGovern pada menit kedua dan Wagner mengemas gol dengan upaya bagus lain pada menit ke-21, ketika sang juara dunia mengunci kemenangan beruntun kesembilan mereka untuk mengoleksi 27 poin.

Joshua Kimmich menambahi gol ketiga pada menit ke-86 ketika laju lima kemenangan beruntun tuan rumah terhenti. Josh Maggenis mengemas gol hiburan menjelang pertandingan usai.

Irlandia Utara mengumpulkan 19 poin dari sembilan pertandingan dan telah memastikan finis di dua besar sebelum pertandingan. Bagaimanapun, mereka belum pasti finis sebagai salah satu dari delapan runner up terbaik dari sembilan grup Eropa.

Para juara grup otomatis lolos ke Rusia bersama empat pemenang playoff yang mencakup delapan runner up terbaik.

"Saya puas. Kami mencetak gol awal dan kemudian mengendalikan permainan, seperti yang kami inginkan," kata pelatih Jerman Joachim Loew, yang timnya mengoleksi 38 gol dan kemasukan tiga gol sepanjang kualifikasi.

Irlandia Utara memenangi empat pertandingan kandang pertama mereka di grup tanpa kemasukan gol, namun catatan itu dengan cepat terhenti oleh upaya Rudy, Tuan rumah, yang didukung oleh para penggemar yang sangat bersemangat, berulang kali terekspos dan McGovern melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan tandukan Sandro Wagner tiga menit kemudian.

Tandukan Wagner mengenai tiang gawang dari umpan silang Kimmich sebelum mengemas gol kedua Jerman, mendapatkan operan dari Thomas Mueller dengan bagian punggungnya menghadap gawang sebelum berbalik dan melepaskan tembakan keras kaki kiri melewati McGovern.

Kiper Jerman Marc-Andre ter Stegen sempat diuji satu kali pada babak pertama ketika ia harus bergerak untuk menggagalkan peluang Corry Evans setelah ia mendapatkan ruang di area pertahanan.

"Ini merupakan pertandingan bonus bagi kami, ini semestinya menjadi 4-0 atau 5-0 namun kami mempertahankan selisih gol dalam bentuk yang sehat," kata pelatih Irlandia Utara Michael O'Neill. "Ini dapat dengan mudah dihapuskan." Tuan rumah memberi lebih banyak tekanan kepada Jerman pada babak kedua dan peluang terbaik mereka didapat Conor Washington yang mengenai mistar gawang dari posisi sempurna.

Kimmich mengemas gol ketiga untuk Jerman, meski mereka gagal mencatatkan "clean sheet" akibat gol Maggenis, yang memberi sesuatu untuk dirayakan para penggemar tuan rumah selayaknya mereka memenangi pertandingan.

Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar