Gol Kane di Ujung Laga Antar Inggris ke Rusia

id Harry Kane, kualifikasi piala dunia, timnas Inggris, timnas rusia

Harry Kane (Reuters / Eddie Keogh Livepic)

Jakarta (ANTARA/Reuters) - Gol dari Harry Kane di ujung pertandingan saat mengalahkan Slovenia dengan skor 1-0, mengantar Inggris lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 di Rusia, pada pertandingan kualifikasi di Stadion Wembley, London, Kamis malam (5/10).

Inggris memang tidak menampilkan permainan terbaiknya, namun kemenangan 1-0 ini sudah cukup bagi pasukan Gareth Southgate lolos ke Rusia karena berada di posisi teratas klasemen grup F mengumpulkan 23 poin.

Skotlandia yang mengalahkan Slowakia 1-0 berada diurutan kedua dengan 17 poin, dan akan berebut posisi playoff pada pertandingan terakhir melawan Slovenia pekan depan. Sedangkan Inggris akan menghadapi Lithuania yang berada diurutan lima klasemen.

Pada jalannya laga, Inggris mengambil inisiatif serangan melalui tusukan-tusukan dari sisi sayap kanan dan kiri mengandalkan pergerakan cepat penyerang sayap Manchester United Marcus Rashford.

Namun strategi menyerang Inggris dimanfaatkan tim tamu untuk melancarkan serangan balik. Josip Ilicic nyaris mencuri gol dari skema serangan balik, namun beruntung bagi Inggris karena bola bisa diamankan  kiper Joe Hart pada menit 9.

Kiper Slovenia, Jan Oblak, mengamankan gawangnya dari tendangan bebas Jordan Henderson menyusul pelanggaran kepada Rashford di sisi kiri dekat kotak penalti pada menit 25.

Inggris terus melancarkan serangan melalui sayap dan sesekali mencuri kesempatan untuk melepaskan tembakan dari luar kotak penalti hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, pasukan Gareth Southgate memiliki beberapa peluang dari pergerakan Raheem Sterling yang beroperasi di sayap kanan. Namun sepakan pemain depan Manchester City itu tidak akurat menuju gawang pada menut 70.

Umpan Rashford kepada Kane pun kerap terbaca oleh barisan pertahanan Slovenia.

Southgate kemudian mengubah strategi dengan menurunkan Michael Keane menggantikan Sterling sehingga Inggris bermain dengan tiga bek tengah.

Inggris akhirnya memastikan kemenangan 1-0 pada menit 90+4 melalui sentuhan Harry Kane yang meneruskan umpan Kyle Walker dari sayap kanan. Skor tersebut bertahan hingga laga usai, demikian FIFA.

Susunan pemain:

Inggris (4-2-3-1): 
Hart; Walker, Stones, Cahill, Bertrand; Henderson, Dier; Oxlade-Chamberlain, Sterling, Rashford; Kane.
Cadangan: Pickford, Butland, Cresswell, Trippier, Maguire, Keane, Smalling, Winks, Livermore, Lingard, Sturridge, Defoe.

Slovenia (4-2-3-1): Oblak; Struna, Mevlja, Cesar, Jokic; Rotman, Krhin; Bezjak, Ilicic, Verbic; Sporar.
Cadangan: Skubic, Viler, Sirok, Kurtic, Matavz, Birsa, Belec, Delamea Mlinar, Koprivec, Repas, Bohar, Vetrih.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar