Wali Kota Palembang: TNI hibahkan KRI Nusanive

id Harnojoyo, Wali Kota, KRI Nusanive, Asian Games, Sekda Kota Palembang, Harobin Mastofa

Wali Kota Palembang: TNI hibahkan KRI Nusanive

Ilustrasi- Kapal KRI Tanjung nusanive 973 (Indomiliter.com)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo memastikan bahwa TNI akan menghibahkan KRI Nusanive ke Palembang untuk dijadikan infrastruktur pendukung pariwisata menjelang Asian Games XVIII tahun 2018.

Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan, kepastian itu dinyatakan TNI AL dengan memberikan kesempatan para pejabat pemkot berlayar naik KRI Nusanive dalam peringatan HUT ke-72 TNI.

Pelayaran ini juga diikuti oleh seribu pelajar wisata dari seluruh Indonesia, dan Pemerintah Kota Palembang menjadi satu-satunya pemerintah daerah yang diundang dalam pelayaran tersebut.

"Kapal KRI Nusanive ini nantinya akan dijadikan penginapan (hotel) di atas Sungai Musi pada perhelatan Asian Games 2018 mendatang," kata Harnojoyo.

Rombongan Pemerintah Kota Palembang dipimpin langsung oleh Sekda Harobin Mastofa, Kepala Bappeda Litbang, Kadin Pariwisata, Kadishub, Kasat Pol PP, dan Kepala Bagian Humas, rombongan diterima oleh komandan KRI Letkol Ropitno, di pangkalan TNI AL, Kolinlamil Tanjung Priuk, Selasa (4/10).

Rombongan bersama seribu pelajar menaiki kapal pada pukul 14.00 WIB, dan kapal diberangkatkan pada pukul 18.00 WIB menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten, pada pukul 02.00 WIB. KRI Nusanive bersandar di pelabuhan merak sekitar pukul 07.00 WIB.

"Ini kehormatan besar bagi Pemerintah Kota Palembang, apalagi bertepatan dengan HUT ke-72 TNI, ini salah satu berkah dari Asian Games," ujar dia.

Sementara itu Sekda Kota Palembang Harobin Mastofa menuturkan kesannya selama berlayar di KRI Nusanive.

"Selama pelayaran kami juga diberikan waktu untuk meninjau fasilitas KRI Nusanive. Dari pantauan kami, kondisi kapal cukup bagus dan sangat cocok jika nantinya akan dijadikan hotel terapung, mampu menampung lebih dari 1.000 orang, yang jelas pelayaran ini sangat berkesan bagi kami," kata Harobin Mustofa.

Kota Palembang mengandalkan destinasi wisata sungai untuk memanfaatkan momentum menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Penataan dan pengembangan terus dilakukan untuk beberapa kawasan yang diproyeksikan menjadi objek wisata sungai ini, di antaranya Kampung Al Munawar, Kampung Kapitan dan Pulau Kemaro. Kehadiran KRI Nusanive ini diharapkan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.