Kemenpan-RB: Persaingan CPNS bekraf paling ketat

id Kemenpan-RB, cpns, peneriwaan lowongan, Badan Kepegawaian negara

Kemenpan-RB: Persaingan CPNS bekraf paling ketat

Dokumentasi- Sejumlah peserta ikut Tes CPNS. (ANTARA FOTO/ Saiful Bahri)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyatakan persaingan calon pegawai negeri sipil di Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memiliki tingkat persaingan paling ketat, karena satu posisi diperebutkan sekitar 135 pelamar.

Data Kementerian PANRB yang diperoleh di Jakarta, Selasa memperlihatkan jumlah pelamar yang lolos seleksi administrasi di Badan Ekonomi Kreatif sebanyak 12.576 orang, sedangkan formasi CPNS di instansi ini hanya dibuka 93 formasi CPNS.

Sehingga perbandingannya satu formasi diperebutkan 135 CPNS.

Sementara itu instansi yang paling rendah tingkat persaingannya adalah Kementerian Pariwisata dan Badan Kepegawaian negara (BKN) yakni masing-masing satu formasi diperebutkan hanya empat CPNS.

Sejumlah instansi pemerintah yang membuka lowongan penerimaan CPNS secara berangsur mengumumkan pelamar yang lolos seleksi administrasi. Hingga Senin (2/10), tercatat sudah ada 30 instansi, baik kementerian, lembaga maupun Pemprov Kalimantan Utara yang mengumumkan.

Mereka yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti tahapan selenjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Dari sisi persaingan, yang terketat seperti disebutkan di atas yakni Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang membuka lowongan untuk 93 formasi, sedangkan peserta yang lolos seleksi administrasi sebanyak 12.576 orang.

Urutan kedua ditempati Kementerian Pertanian yang membuka 475 formasi, sementara peserta yang lolos seleksi administrasi sebanyak 61.730 orang, atau tingkat persaingan satu banding 130.

Urutan ketiga adalah Kementerian Sosial yang membuka lowongan untuk 160 formasi, dengan peserta yang lolos seleksi administrasi sebanyak 16.711 orang, yang berarti tingkat persaingannya satu banding 104.

Urutan keempat adalah Kementerian Perdagangan yang membuka alokasi PNS sebanyak 58 formasi, sementara peserta yang lolos seleksi administrasi sebanyak 4.401 atau tingkat persaingan satu banding 76.

Persaingan terketat posisi kelima ditempati Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Instansi yang dipimpin oleh Luhut Binsar Panjaitan itu membuka lowongan sebanyak 30 formasi dan yang lolos seleksi administrasi sebanyak 2.212 peserta. Artinya, tingkat persaingan peserta SKD Kemenko Kemaritiman adalah satu banding 60.