Dua gol Messi bawa Barca kalahkan Las Palmas

id Lionel Messi, gol, liga spanyol, Katalunya, Real Madrid

Lionel Messi (Ist)

Barcelona (Antara/Reuters) - Bintang Barcelona Lionel Messi mencetak dua gol saat timnya menang 2-0 atas Las Palmas pada pertandingan yang dihelat tanpa kehadiran penonton menyusul bentrokan antara polisi dan orang-orang yang ingin memberikan suara di Katalunya terkait referendum kemerdekaan.  

Pada pertandingan yang dimainkan malam hari, Real Madrid mencatatkan kemenangan kandang pertamanya di liga musim ini dengan kemenangan 2-0 atas Espanyol melalui gol gelandang Isco pada masing-masing babak, sedangkan Valencia naik ke peringkat ketiga di klasemen setelah menang 3-2 atas tamunya Athletic Bilbao.

Pemuncak klasemen Barca berusaha untuk menunda pertandingan, namun permintaan mereka ditolak oleh Liga Spanyol dan klub mengumumkan 25 menit sebelum sepak mula bahwa pertandingan itu akan dimainkan tanpa kehadiran penonton.

Presiden klub Josep Maria Bartomeu mengatakan stadion ditutup untuk memperlihatkan perlawanan terhadap kekerasan polisi terhadap para pemilih di refendum kemerdekaan Katalunya, yang dilarang oleh pemerintah nasional, dan bukan karena masalah-masalah keselamatan.

Polisi huru-hara Spanyol pada Minggu menggrebek tempat-tempat pengambilan suara di seantero Katalunya untuk berusaha menghentikan referendum pemisahan diri dari Spanyol yang tidak diizinkan, dan para pejabat Katalan mengatakan 760 orang menderita luka-luka karena serangan itu.

Gelandang Barcelona Sergio Busquets mencetak gol untuk pertama kalinya di liga dalam tiga tahun untuk membawa tuan rumah unggul pada menit ke-49, melalui tandukan menyambut tendangan sudut Messi.

Messi kemudian mengemas gol kesepuluhnya di liga musim ini untuk menggandakan keunggulan Barca pada menit ke-70.  

Ia nyaris tidak merayakan gol itu, menambahi suasana di mana laga ini lebih terlihat sebagai latihan reguler dibanding pertandingan liga.

Messi kemudian mengejar operan dari penyerang lain Luis Suarez untuk kembali membukukan gol pada menit ke-77, mengunci kemenangan beruntun ketujuh Barca di liga musim ini dan mempertahankan start 100 persen mereka di Liga Spanyol dan Liga Champions.

Barcelona memimpin klasemen dengan 21 poin, unggul lima poin dari Sevilla di peringkat kedua. Juara bertahan Real Madrid, yang menghuni peringkat keenam dengan 11 poin, akan menjamu Espanyol pada Minggu malam sambil mencari kemenangan kandang pertama mereka di liga musim ini.  

           Suasana janggal
Suasana janggal di pertandingan ini terlihat mempengaruhi Barca pada babak pertama ketika mereka kurang bersemangat dan kurang imajinasi, hanya mencatatkan dua tembakan ke gawang -- melalui sepakan awal Sergi Roberto dan tandukan dari Paulinho.

Las Palmas, yang menambah ketegangan dengan mengenakan bendera Spanyol pada seragam mereka untuk pertandingan ini, nyaris mencetak gol sebelum turun minum ketika upaya pemain Argentina Jonathan Calleri membentur tiang gawang.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde hanya memiliki sedikit kesabaran terhadap para pemainnya, dan ia menarik Paulinho dan Aleix Vidal saat turun minum untuk menggantikan mereka dengan Ivan Rakitic dan kapten Andres Iniesta.

Sebagai hasilnya tim tuan rumah terlihat jauh lebih tenang dan mampu mencetak gol-gol penentu kemenangan.

"Ini sangat aneh, tentu saja ini tidak normal namun peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari ini membayang-bayangi pertandingan," kata Busquets mengenai pertandingan tanpa kehairan penonton.

"Hari ini merupakan hari yang istimewa, kami harus fokus pada bagian olahraga, yang tidak sangat indah bagi kami, dan kami terdampak oleh apapun sebab hal-hal lain memenuhi benak kami," tambahnya.

Real tidak diperkuat Gareth Bale yang mengalami cedera betis sehingga Isco dimainkan di posisi yang lebih ke depan di belakang Cristiano Ronalo, dan ia memaksimalkan umpan terobosan dari pemain Portugal itu untuk menaklukkan Paul Lopez dan membawa Real memimpin pada menit ke-30.  

Bagaimanapun, sang juara bertahan jauh dari penampilan terbaiknya, dan beruntung mampu mempertahankan keunggulan mereka ketika penyerang tim tamu Gerard Moreno melepaskan sepakan yang mengenai tiang gawang, sedangkan pemain muda Marc Navarro memaksa Keylor Navas melakukan penyelamatan bagus pada awal babak kedua.

Kesalahan yang dilakukan kapten Real Sergio Ramos membuat Espanyol berkesempatan untuk menyamakan kedudukan, namun keteledorannya dapat dilapis oleh rekan setimnya Nacho, dan beberapa saat kemudian Isco mengakhiri perlawanan tim Katalan itu.

Ronaldo kembali memainkan peran penting pada gerakan itu, bergerak ke depan dan mengirimkan bola kepada Asensio, yang meneruskannya dengan umpan tarik kepada Isco untuk disambar menjadi sepakan mendatar menuju sudut jauh gawang.

Di tempat lain, Real Sociedad dan Real Betis bermain imbang 4-4, sedangkan pelatih baru Villarreal Javi Calleja mengukir kemenangan perdanya sebagai arsitek tim di Madrigal dengan kemenangan 3-0 atas Eibar.(H-RF)

Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar